Sukses


    Permainan Indonesia saat Melawan Thailand Kurang Efektif

    Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-22 harus puas berbagi angka dengan Thailand. Ini setelah tim besutan Luis Milla itu bermain imbang 1-1 dalam laga perdana SEA Games 2017, Selasa (15/8/2017) di Stadion Shah Alam, Selangor.

    Dari analisis pelatih kawakan di Indonesia, Ruddy Keltjes, Timnas Indonesia U-22 seharusnya bisa meraih hasil lebih baik jika bermain lebih efektif.

    "Saya melihat anak-anak masih tegang sehingga permainan kurang efektif. Kalau saja mereka tenang, mungkin hasilnya akan berbeda karena secara skill individu pemain kita lebih baik," ujar Rudy.

    Menurut Ruddy, kesempatan terbesar Indonesia untuk mengalahkan Thailand cukup besar. Sebab, kualitas skuat Thailand di SEA Games kali ini masih di bawah tim-tim Negeri Gajah Putih sebelumnya. Ruddy menilai, keunggulan Thailand kali ini hanya pada kolektivitas tim dan ketenangan.

    Kondisi sebaliknya, Timnas Indonesia U-22 di mata Ruddy memiliki kelebihan pada kemampuan individu dan kecepatan para pemain, namun kurang bagus secara tim, terutama ketika melancarkan serangan sehingga Evan Dimas dkk. kesulitan menembus pertahanan Thailand yang cukup rapat.

    Dalam pertandingan ini, Ruddy juga menilai lini kedua Timnas kurang berperan maksimal, terutama di babak kedua. Berkali-kali pemain depan Indonesia sudah berhasil masuk ke jantung pertahanan Thailand, tetapi para gelandang Indonesia kerap terlambat memberikan dukungan.

    Lebih lanjut, Rudy menyatakan hal itu yang membuat upaya Indonesia kerap terbuang percuma.

    "Osvaldo Haay beberapa kali berlari sendirian. Rekan-rekannya terlambat datang. Di pertandingan selanjutnya, lini kedua harus lebih optimal dalam menyokong barisan depan sehingga tidak terputus. Tadi terlihat pemain yang pegang bola kesulitan mengumpan karena jarak temannya terlalu jauh," tuturnya.

    Namun, secara keseluruhan Ruddy menganggap penampilan Tim Garuda Muda sudah cukup bagus. Minimal, mereka bisa menguasai jalannya pertandingan, khususnya di babak pertama, dan berhasil merepotkan Thailand.

    Ruddy sangat yakin, di laga selanjutnya Timnas Indonesia U-22 bakal tampil lebih baik dan lebih tajam Karena ia yakin, dari pertandingan kontra Thailand, Luis Milla sudah memiliki gambaran siapa saja pemain yang bisa bermain lebih baik.

    "Dia sudah punya komparasi antara pemain satu dengan pemain lainnya," ujar mantan pelatih Persepam Madura Utama itu.

    Video Populer

    Foto Populer