Sukses


5 Fakta Unik Pemain Baru Barcelona, Arda Turan

Bola.com, Barcelona - Barcelona baru saja kedatangan gelandang anyar, Arda Turan. Pemain asal Turki ini dibeli dari Atletcio Madrid dengan harga 41 juta euro atau sekitar Rp 604 miliar.

Kehadiran Turan di Camp Nou tentunya akan semakin memperkuat lini tengah pasukan Luiz Enrique. Kendati demikian, pemain berusia 28 tahun itu harus bersabar untuk memulai karier barunya bersama Blaugrana.

Karena, tak seperti pemain-pemain lain, pesepak bola yang memiliki ciri khas jenggot tebal ini, baru bisa melakukan debutnya di Barcelona pada Januari 2016 mendatang. Namun sebelum melihat apa yang akan dilakukannya untuk Barca, menarik bagi para fans Barca untuk mengenal lebih dalam sosok pemain anyar tersebut.

Berikut 5 fakta unik mengenai Arda Turan, seperti dirangkum dalam Turkish Football.

1. Sebelum dipinang Atletico, Turan merupakan pemain Galatasaray. Ia memulai debut pada 2005 silam, dan pada awal kariernya, Turan justru diplot sebagai bek. Saat dipinjamkan ke Manisaspor, Turan mulai menjalani peran sebagai winger sesuai keinginan pelatih Manisaspor, Ersun Yanal. Ketika kembali lagi ke Galatasaray, permainannya pun semakin meningkat hingga akhirnya menjadi pemain kunci tim. Turan pun menjadi kapten Galatasaray pada usia yang masih muda yakni 21 tahun.

2. Setelah membuat 200 penampilan bersama Galatasaray, dan membukukan 44 gol dan 76 assist, Turan akhirnya dibeli Atletico dengan nilai 12 juta Euro atau Rp 175 miliar pada 2011. Nilai ini menjadikan Turan sebagai pemain Turki termahal dalam sejarah bursa transfer dunia.

3. Turan menjadi pemain Turki pertama yang mampu memenangkan La Liga Spanyol pada musim 2013 -2014. Ia juga berkontribusi membawa Los Rojiblancos tampil di final Liga Champions, dua musim lalu.

4. Turan kerap menjadi pemain yang paling sering mencetak gol dalam pertandingan besar. Ia memiliki skill yang baik dalam urusan finishing. Tercatat mantan kapten Galatasaray itu melakukan finishing dengan keakuratan sebesar 85,2 persen, angka yang tinggi selama musim 2014 -2015.

5. Salah satu peristiwa yang tak akan dilupakan publik adalah ketika Turan melempar sepatunya ke garis hakim di tengah-tengah pertandingan perempat-final Copa del Rey melawan Barcelona, musim lalu. Ia pun diberi kartu kuning oleh wasit.

Baca Juga:

Arda Turan Baru Bisa Main Buat Barcelona di Januari 2016, Kenapa?

RESMI : Barcelona Dapatkan Arda Turan

Baru Gabung Barcelona, Arda Turan Bisa Dijual Kembali Kalau...

Video Populer

Foto Populer