Sukses


5 Persembahan Spesial Barcelona untuk Fans Sepanjang 2015

Bola.com - Barcelona baru saja menjuarai Piala Dunia Antarklub 2015 usai mengalahkan River Plate dalam laga final. Keberhasilan tersebut membuat Barca mempersembahkan lima trofi spesial untuk pendukungnya pada 2015.

Blaugrana tampil impresif pada tahun ini. Skuat asuhan Luis Enrique tersebut mencetak 176 gol sepanjang 2015. Itu adalah catatan gol terbanyak Barcelona dalam satu tahun kalender, sekaligus melampaui torehan 175 gol pada 2012.

Pencapaian apik itu kian lengkap dengan raihan lima titel juara. Los Cules memastikan diri menjuarai La Liga Spanyol musim 2014-2015 pada 17 Mei 2015, merengkuh trofi Copa del Rey pada 30 Mei 2015, serta meraih titel juara Liga Champions yang kelima pada 6 Juni 2015.

Tak berhenti sampai disitu, Barcelona juga meraih gelar Piala Super Eropa 2015 di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, Georgia, 11 Agustus tahun ini. Sayang, Barca gagal merengkuh trofi Piala Super Spanyol setelah kalah agregat 1-5 dari Athletic Bilbao dalam pertandingan dua leg, 14 Agustus dan 17 Agustus 2015.

Kendati begitu, Los Cules mampu meraih gelar kelima di ajang Piala Dunia Antarklub 2015. Menghadapi River Plate di International Stadium Yokohama, Yokohama, Jepang, Minggu (20/12/2015) sore WIB, Lionel Messi dkk. menang telak tiga gol tanpa balas.

Dengan tambahan lima trofi tersebut, Barcelona mengukuhkan diri sebagai klub tersukses di dunia dengan meraih 22 gelar internasional. Mereka melampaui 20 titel juara yang dimiliki Real Madrid, AC Milan, dan Al Ahly yang berada di posisi kedua.

Selain itu, Barcelona juga telah tiga kali meraih lima trofi dalam setahun. Sebelumnya, skuat Catalan sukses melakukan hal tersebut pada 2009 dan 2011 ketika masih diasuh Pep Guardiola.

Bola.com coba merangkum perjalanan singkat Barcelona dalam meraih lima gelar tersebut pada tahun ini. Berikut ulasannya:

1. La Liga Spanyol 2014-2015


Barcelona mengawali musim lalu dengan positif. Di bawah asuhan Luis Enrique yang menggantikan Gerardo Martino, El Barca menyapu bersih kemenangan dalam empat laga pembuka La Liga. Hasil itu menempatkan mereka di puncak klasemen dengan nilai 12.

Meski begitu, Barca belum menemukan performa terbaiknya di bawah arahan Enrique. Bahkan, mereka menelan dua kekalahan beruntun, yakni takluk 1-3 kontra Real Madrid pada 25 Oktober 2014 dan menyerah 0-1 dari Celta Vigo, 1 November 2014.

Alhasil, posisi mereka melorot ke peringkat empat klasemen sementara La Liga. Perlahan, Los Cules mulai menemukan skema permainan yang tepat. Kehadiran Luis Suarez membuat lini depan Barcelona kian menakutkan. Mereka kembali memuncaki klasemen pada pekan ke-25.

Meski terus dibayang-bayangi Madrid, El Barca akhirnya meraih trofi La Liga yang ke-23 saat bertandang ke markas Atletico Madrid di Estadio Vicente Calderon, 17 Mei 2015. Dalam laga pekan ke-37 La Liga tersebut, Blaugrana menang 1-0 berkat gol tunggal Lionel Messi pada menit ke-65.

Barcelona pun menutup musim lalu dengan bercokol di puncak klasemen dengan nilai 94. Tim Catalan unggul dua poin dari Real Madrid yang menghuni posisi kedua.

2. Copa del Rey 2014-2015


Laju Barcelona dalam ajang Copa del Rey sama sekali tak terbendung. Dalam delapan pertandingan yang dijalani dari babak 32 besar hingga final, Barca tidak pernah menelan kekalahan. Mereka menang agregat 12-1 atas klub Segunda Division B, Huesca, unggul agregat 9-0 atas Elche pada 16 besar, mengalahkan Atletico Madrid dengan agregat 4-2 pada perempat final, serta menang agregat 3-1 atas Villarreal pada semifinal.

Sementara itu, ketika menghadapi Athletic Bilbao dalam laga final yang berlangsung di Camp Nou, 30 Mei 2015, Los Cules menang 3-1. Lionel Messi dan Neymar saling bergantian membobol gawang Bilbao. Messi mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-20 dan 74, sedangkan Neymar menit ke-36.

Barcelona berhasil meraih gelar Copa del Rey yang ke-27 sekaligus menjadi klub di Spanyol dengan koleksi trofi terbanyak pada ajang ini.

3. Liga Champions 2014-2015


Barcelona memperlihatkan tajinya dalam ajang Liga Champions. Los Cules berhasil lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup F, mengoleksi nilai 15 hasil dari lima kemenangan dan hanya sekali kalah. Mereka unggul dua poin dari Paris Saint-Germain yang menempati posisi kedua.

Pada fase knock-out, Barca tetap tampil apik. Blaugrana meraih kemenangan agregat 3-1 atas Manchester City pada 16 besar, unggul agregat 5-1 atas Paris Saint-Germain pada perempat final, serta menang agregat 5-3 atas Bayern Munchen pada semifinal.

Dalam partai final yang dihelat di Olympiastadion, Berlin, Jerman, 6 Juni 2015, Barcelona bersua Juventus. Kendati mendapatkan perlawanan sengit, tim Catalan berhasil membungkam Juve dengan skor 3-1. Tiga gol Barca dicetak Ivan Rakitic (4'), Luis Suarez (68'), dan Neymar (90+7'). Sementara itu, I Bianconeri hanya mampu membalas lewat gol Alvaro Morata (55').

Dengan hasil tersebut, Barcelona berhasil meraih trofi kelima di Liga Champions, sekaligus menyamai pencapaian Bayern Munchen dan Liverpool.

4. Piala Super Eropa 2015


Barcelona yang menyandang status sebagai juara Liga Champions menghadapi Sevilla yang merupakan kampiun Liga Europa musim 2014-2015 dalam laga Piala Super Eropa 2015. Bermain di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, Georgia, 11 Agustus 2015, El Barca harus susah payah mengalahkan Sevilla.

Setelah bermain hingga masa perpanjangan waktu, Barcelona akhirnya mengunci kemenangan dengan skor 5-4. Kelima gol Los Cules dicetak Lionel Messi menit ke-7 dan 16, Rafinha menit ke-44, Luis Suarez menit ke-52, serta Pedro menit ke-115.

Sementara itu, empat gol Sevilla dicetak Ever Banega pada menit ke-3, Jose Antonio Rayes menit ke-57, Kevin Gameiro menit ke-72, dan Yevhen Konoplyanka menit ke-81.

Barcelona pun sukses merengkuh gelar juara keempat pada tahun ini sekaligus trofi Piala Super Eropa yang kelima.

5. Piala Dunia Antarklub 2015


Berstatus sebagai juara Liga Champions 2014-2015, Barcelona langsung lolos ke semifinal. Menghadapi Guangzhou Evergrande di International Stadium Yokohama, Jepang, 17 Desember, Blaugrana menang tiga gol tanpa balas dan berhak lolos ke final. Tiga gol Barca diborong Luis Suarez pada menit ke-39, 50, dan 67.

Pada partai puncak, Barca bersua juara Copa Libertadores 2015, River Plate yang sebelumnya menang 1-0 atas Sanfrecce Hiroshima. Bermain di International Stadium Yokohama, Minggu (20/12/2015) sore WIB, Barcelona sukses melumat River Plate dengan skor 3-0. Tiga gol Los Cules tercipta atas nama Lionel Messi menit (36') dan Luis Suarez (49', 68').

Berkat kemenangan tersebut, Barcelona membawa pulang trofi Piala Dunia Antarklub 2015 dan menjadi klub pertama yang meraih tiga trofi dalam ajang ini. Sebelumnya, mereka pernah menjuarai Piala Dunia Antarklub pada 2009 dan 2011.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.
    Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.
    Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.

    Luis Suarez

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Neymar

Video Populer

Foto Populer