Sukses


Buah Tangan Istimewa Lionel Messi dan Luis Suarez dari Jepang

Bola.com, Barcelona - Dua hari lalu, Lionel Messi dan Luis Suarez memimpin Barcelona menggondol gelar juara Piala Dunia Antarklub 2015. Di Jepang, mereka menundukkan jagoan Amerika Selatan, River Plate, dengan skor 3-0.

Hasil tersebut membuat Barcelonistas mendapatkan kado luar biasa. Maklum, sepanjang tahun 2015, inilah trofi ke-5 yang bisa dipersembahkan Lionel Messi dkk. Sebelum menjadi yang terbaik di negeri Matahari Terbit, armada Luis Enrique Martinez sudah menuai piala juara Liga Champions, La Liga, Piala Super Eropa dan Copa del Rey.

Berikut ini rekor-rekor yang dicetak usai laga final Piala Dunia Antarklub 2015:

1. Lionel Messi tercatat sebagai pemain asal Argentina yang mengoleksi titel terbanyak dalam sejarah sepak bola, yakni 25 trofi bersama Barcelona dan satu medali emas saat berkostum timnas Argentina di ajang Olimpiade.

2. Luis Suarez tercatat sebagai pemain ke-4 asal Uruguay yang menjadi pemain terbaik, setelah Waldermar Victorino (1981), Antonio Alzamendi (1986) dan Santiago Ostolaza (1988).

3. Claudio Bravo menjadi pemain ke-2 asal Cile yang bermain dan mampu menuai gelar di ajang Piala Dunia Antarklub 2015 setelah Alexis Sanchez pada 2011.

4. Andres Iniesta, Sergio Busquets dan Gerard Pique menyamai catatan Cafu dan Paolo Maldini sebagai pengoleksi tiga gelar juara dunia antarklub.

5. Iniesta, Busquets dan Pique sudah mengoleksi empat gelar juara dunia yang diperoleh bersama klub dan timnas. Mereka hanya kalah dari Pele (5) dan Cafu (5).

6. Dani Alves dan Gerard Pique tercatat sebagai bek dengan total gelar juara terbanyak dalam sejarah sepak bola dunia. Alves mengoleksi 29 trofi, sementara Pique berjumlah 25. Bek lain adalah Cafu (24), Paolo Maldini (23) dan Gary Neville (22).

7. Andres Iniesta menyamai catatan Xavi Hernandez sebagai pemain asal Spanyol yang mengoleksi 28 gelar juara di dunia sepak bola.

8. Barcelona menjadi tim dengan raihan trofi internasional terbanyak dalam sejarah sepak bola, yakni 22 piala. Di belakang El Barca ada Real Madrid, AC Milan dan Al-Ahly yang sama-sama mengoleksi 20 trofi, Boca Juniors (18) dan Independiente (16).

9. Luis Suarez tercatat sebagai pemain ke-3 asal Uruguay yang mampu mencetak dua gol di partai final Piala Dunia Antarklub, setelah Pepe Sasia (1961) dan Santiago Ostolaza (1988).

10. Luis Suarez menjadi pemain ke-3 yang mampu mencetak dua gol di final Piala Dunia Antarklub setelah Filippo Inzaghi (2007) dan Lionel Messi (2011).

11. Barcelona memecahkan rekor mencetak gol dalam setahun, setelah mencetak 176 gol sepanjang 2015. Catatan itu melewati prestasi terbaik mereka pada 2012, dengan 175 gol.

12. Luis Suarez menyamai catatan Lionel Messi dan Cesar Delgado dalam urusan pencetak gol terbanyak di ajang Piala Dunia Antarklub (5 gol).

13. Dani Alves menjadi pemain yang paling banyak mengirim assist untuk Lionel Messi, yakni 38 kali. Di belakang Alves ada Andres Iniesta (31), Xavi Hernandez (23), Pedro Rodriguez (21), Cesc Fabregas (13) dan Alexis Sanchez (10), Luis Suarez (10) serta Neymar (10).

14. Lionel Messi menjadi pemain pertama dalam sejarah sepak bola yang mampu mencetak gol pada enam turnamen klub berbeda dalam satu tahun.

15. Lionel Messi meraih tiga juara dunia di level klub pada 2009, 2011 dan 2015. Catatan tersebut menyamai Alberto Spencer (1961, 1962,1967), dan menjadi pemain yang mencetak gol pada tiga partai final.

Sumber : Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.
    Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.
    Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.

    Luis Suarez

  • Yokohama ialah ibu kota Prefektur Kanagawa, Jepang
    Yokohama ialah ibu kota Prefektur Kanagawa, Jepang
    Yokohama ialah ibu kota Prefektur Kanagawa, Jepang

    Yokohama

Video Populer

Foto Populer