Sukses


Vietnam dan Thailand Lolos ke Piala Dunia Futsal 2016

Bola.com, Taskent - Vietnam memastikan tiket ke Piala Dunia Futsal 2016. Pada laga perempat final Piala Asia Futsal 2016, Vietnam menang adu penalti atas juara bertahan Jepang pada perempat final di Universal Stadium, Taskent, Rabu (17/2/2016).

Kepastian lolos ke Piala Dunia Futsal tersebut menjadi yang pertama bagi Vietnam sepanjang sejarah. Sebelumnya, catatan terbaik Vietnam adalah menjadi perempat finalis ajang Piala Asia Futsal 2014.

Pada laga kontra Jepang, Vietnam sempat tertinggal 0-2 melalui dua gol Nibuya Kazuhiro (8') dan Marioko Kaoru (13'). Akan tetapi, Vietnam memperkecil skor lewat Tran Van Vu (14'), sehingga menutup babak pertama dengan 2-1 untuk keunggulan Jepang.

Pada babak kedua, Jepang menjauh lewat gol Kazuhiro (26'). Tertinggal 1-3, Vietnam bermain lebih agresif. Hasilnya, pasukan Bruno Formoso itu menyamakan skor menjadi 3-3 melalui Danh Phat (35') dan gol kedua Van Vu (39'). Laga pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Jepang kembali membuka keunggulan pada babak perpanjangan waktu lewat Kaoru (42'). Namun, Vietnam lagi-lagi bisa menyamakan kedudukan yang kali ini dicetak Tran Thai Huy (49'). Skor 4-4 bertahan yang membuat laga dilanjutkan ke adu penalti.

Pada adu penalti, keberuntungan berpihak kepada Vietnam. Dua penendang Jepang, yakni Kaoru dan Kazuhiro gagal menjalankan tugasnya. Hanya Henmi Katsutoshi Rafael yang sukses membobol gawang Nguyen Van Huy.

Sementara itu, hanya satu eksekutor Vietnam yang gagal mencetak gol penalti, yakni Duong Anh Tung. Sedangkan Phung Trong Luan dan Nguyen Bao Quan sukses menaklukkan kiper Jepang, Sekiguchi Yushi, sekaligus membawa Vietnam melaju ke Piala Dunia 2016 yang berlangsung di Kolombia, 10 September - 1 Oktober mendatang.

Selain Vietnam, wakil Asia Tenggara yang lolos ke Piala Dunia 2016 adalah Thailand. Pada babak perempat final Piala Asia Futsal 2016, Thailand menyingkirkan Australia dengan skor 6-1. Ini merupakan kelima kalinya secara beruntun Thailand mampu lolos ke Piala Dunia Futsal.

Iran dan Uzbekistan menjadi dua negara lain yang lolos ke Piala Dunia 2016. Sementara itu, satu tiket lagi akan diperebutkan empat negara yang kalah pada perempat final Piala Asia 2016.

Pada babak semifinal, Uzbekistan akan berjumpa Thailand, di Uzbekistan Stadium, Jumat (19/2/2016), dan Iran bersua Vietnam pada hari yang sama, namun dimainkan di Universal Stadium.

Sumber: AFC

Video Populer

Foto Populer