Sukses


Jejak Pemain Belanda di Barcelona

Bola.com, Barcelona - Penjaga gawang Jasper Cillessen resmi bergabung bersama Barcelona setelah ditebus dengan harga 13 juta euro (Rp 194,75 miliar) dari Ajax Amsterdam. Cillessen diproyeksi menjadi pengganti Claudio Bravo yang hengkang ke Manchester City. Kiper berusia 27 tahun tersebut menjadi pemain Belanda ke-19 yang pernah membela Blaugrana.

Belanda memang memiliki peran penting di balik perkembangan Barcelona. Gaya khas permainan Barcelona, Tiki Taka, sejatinya merupakan turunan dari Total Football, atau gaya permainan timnas Belanda di era 1970-an.

Total Football dikembangkan oleh Rinus Michel di akhir tahun 60-an saat masih melatih Ajax Amsterdam. Pemain andalannya adalah Johan Cruijff. Michel membawa temuannya, baik total football dan Cruijff, untuk pindah ke Barcelona di tahun 70an. Di sela-sela melatih Barca, Michel sang pelatih juga ditunjuk melatih Belanda.

Sementara itu pada era kepelatihan Louis van Gaal, Barcelona mengalami proses 'Belandanisasi' di mana banyak pemain asal negeri kincir bergabung ke Camp Nou.

Berikut 7 pemain Belanda terbaik yang pernah membela Barcelona:

2 dari 8 halaman

1


Frank de Boer
Frank de Boer dan saudara kembarnya, Ronald de Boer, bergabung ke Barcelona pada Januari 1999 seelah sebelas tahun berada di Ajax. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini membantu Blaugrana meraih gelar La Liga 1998-99.

Setelah Louis van Gaal dipecat pada tahun 2000, Frank masih menjadi bagian dari skuat utama Blaugrana. Pada tahun 2001, ia tersandung masalah doping dan mendapat larangan bertanding. Frank meninggalkan Barcelona pada tahun 2003 dan bergabung dengan Galatasaray. Empat musim berada di Barcelona, Frank mencatatkan 215 penampilan dan menyumbang 14 gol.

3 dari 8 halaman

2

Marc Overmars
Marc Overmars pernah memegang predikat sebagai pemain termahal Belanda ketika dibeli Barcelona dari Arsenal dengan harga 25 juta poundsterling (Rp 436,89 miliar) pada tahun 2000. Pemain yang berposisi sebagai winger ini mempunyai kemampuan yang baik dalam dribel bola, mengirim assist dan mencetak gol.

Namun kemampuan hebat Overmars terkendala masalah cedera lutut yang kerap menimpa. Pada tahun 2004, Overmars memutuskan untuk gantung sepatu pada usia 31 tahun. Empat tahun di Barcelona, Overmars mencatatkan 133 penampilan dan mencetak 19 gol.

4 dari 8 halaman

3

Ruud Hesp
Ruud Hesp bergabung ke Barcelona bersamaan dengan penunjukkan Louis van Gaal sebagai pelatih klub tersebut. Ia menyingkirkan Vitor Baia yang saat itu menjadi kiper utama Barcelona. Hesp sekaligus menjadi kiper pertama asal Belanda yang pernah mengawal gawang Blaugrana.

Hesp berada di Camp Nou selama tiga musim dan mempersembahkan trofi La Liga 1997-98 dan 1998-99. Setelah membela Barcelona, ia memutuskan untuk kembali ke Belanda dan bergabung dengan Fortuna Sittard.

5 dari 8 halaman

4

Giovanni van Bronckhorst
Giovanni van Bronckhorst bergabung ke Barcelona dengan status pinjaman dari Arsenal pada tahun 2003. Setahun berselang, Frank Rijkaard yang menjadi pelatih Barcelona kala itu menebus sang pemain dan menjadikannya sebagai skuat utama Blaugrana.

Gio bertahan selama empat musim dan mempersembahkan dua trofi La Liga dan satu trofi Liga Champions. Ia mencatat 153 penampilan dan menyumbang tujuh gol selama berkostum Barcelona. Setelah kontraknya hanya tersisa satu musim, pemain yang mempunyai garis keturunan Indonesia ini kembali ke Belanda untuk membela Feyenoord.

6 dari 8 halaman

5

Patrick Kluivert
Patrick Kluivert bergabung ke Barcelona pada Agustus 1998 setelah mengalami musim yang kurang bagus bersama AC Milan. Kluivert bereuni dengan Louis van Gaal di Camp Nou. Sang pemain menjadi andalan di lini depan setelah menunjukkan duet yang padu dengan Rivaldo.

Enam tahun berada di Camp Nou, Kluivert hanya mempersembahkan satu gelar La Liga. Total ia mencatatkan 255 penampilan dan mencetak 120 gol untuk Blaugrana.

7 dari 8 halaman

6

Ronald Koeman
Ronald Koeman terlahir dari keluar pesepak bola. Koeman disebut satu di antara pemain terbaik dunia berkat visi yang ia miliki. Ia bisa ditempatkan sebagai bek dan gelandang. Koeman bergabung ke Barcelona pada tahun 1989 sebagai bagian dari evolusi yang dilakukan Johan Cruyff.

Enam musim berada di Barcelona, Koeman mempersembahkan empat trofi La Liga dan satu trofi Liga Champions. Ia mencatatkan 264 penampilan dan mencetak 88 gol.

8 dari 8 halaman

7

Johan Cruyff
Johan Cruyff merupakan legenda Barcelona. Ia tidak hanya berperan sebagai pemain dan pelatih, namun ia membawa konsep perubahan kepada klub tersebut. Cruyff menjadi pemain Belanda pertama yang berkostum Blaugrana. Ia bergabung pada tahun 1973 setelah sepuluh musim membela Ajax.

Selama menjadi pemain Barcelona, Cruyff mencatatkan 184 penampilan dan mencetak 61 gol. Ia hanya mempersembahkan satu trofi La Liga selama lima musim berada di klub tersebut. Namun Cruyff memperbaiki catatannya ketika berperan sebagai pelatih, dengan memberikan empat gelar La Liga secara beruntun dan satu trofi Liga Champions.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer