Sukses


5 Pemain La Masia yang Menjalani Debut Termuda di Barcelona

Bola.com - Akademi sepak bola Barcelona, La Masia, kerap melahirkan para pesepak bola bintang. Tak heran jika pemain La Masia menjadi pilar penting El Barca dalam beberapa tahun terakhir. 

Beberapa pemain jebolan La Masia yang menjadi sosok sentral permainan Blaugrana adalah Pep Guardiola, Carles Puyol, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Gerard Pique, hingga Lionel Messi. Berkat kontribusi nama-nama tersebut, Barca menjadi salah satu klub yang disegani di Eropa dan dunia.

Pertanyaan menarik pun muncul, yakni pada usia berapa seorang pemain jebolan La Masia yang membela Barcelona B melakoni debut bersama tim senior? Jawabannya adalah 16 tahun.

Lantas, siapakah pesepak bola lulusan La Masia yang menjalani debut termuda bersama Barcelona. Berikut ini 5 pemain termuda yang menjalani debut bersama Barca.

2 dari 6 halaman

1

 - Lionel Messi

Lionel Messi merupakan salah satu pilar penting dalam permainan Barcelona. Mulai memperkuat tim senior Los Cules pada 2003, Messi telah mencetak 456 gol dari 535 pertandingan di seluruh ajang kompetisi. 

Laga debut La Pulga bersama Barca terjadi ketika menghadapi FC Porto pada partai persahabatan, 16 November 2003. Saat itu, Messi masih berusia 16 tahun, 4 bulan, dan 23 hari. Dengan usia tersebut, Messi menjadi pemain jebolan La Masia yang menjalani debut termuda bersama skuat Catalan. 

Kendati saat itu masih belia, Messi yang masuk ke lapangan pada menit ke-75 mampu tampil apik. Dia melepaskan dua umpan tepat sasaran dan satu tembakan ke arah gawang. Penampilan apiknya tersebut mendapat pujian dari pelatih Barcelona saat itu, Henk Ten Cate.

"Dia terlihat bermain seperti sudah menggiring bola seumur hidunya," puji Ten Cate.

3 dari 6 halaman

2

 - Bojan Krkic

Bojan Krkic telah menimba ilmu di La Masia sejak 1999 atau ketika berusia 8 tahun. Dia kemudian bermain di Barcelona B sejak 2006 hingga 2007. Total, Bojan mencetak 900 gol untuk tim muda dari berbagai format usia. 

Penampilan gemilang tersebut membuat Bojan mendapat kepercayaan menjalani debut bersama tim senior Barcelona. Partai perdananya bersama Barca terjadi saat bersua Osasuna dalam ajang La Liga Spanyol, 16 September 2007. 

Ketika itu, Bojan yang kini berseragam Stoke City menjalani debut bersama Blaugrana saat masih berusia 17 tahun dan 19 hari. Dia juga menjadi pemain termuda Barcelona yang melakoni debut di Liga Champions, yakni pada 19 September 2007 kontra Olympique Lyon. 

Selama empat musim membela Barcelona, Bojan Krkic berhasil meraih tiga gelar La Liga Spanyol, satu trofi Copa del Rey, dua titel Piala Super Spanyol, dua Liga Champions, satu Piala Super Eropa, dan satu gelar Piala Dunia Antarklub.

4 dari 6 halaman

3

 - Adama Traore

Adama yang kini membela Aston Villa sejak 2015 menjadi pemain termuda ketiga yang menjalani debut bersama tim senior Barcelona. Winger yang menimba ilmu di La Masia dari 2004 hingga 2014 itu menjalani debut bersama Barca ketika bersua Granada di ajang La Liga, 23 November 2013. 

Ketika itu, Adama yang masih berusia 17 tahun dan 10 bulan masuk ke lapangan pada menit ke-81 menggantikan Neymar. Secara keseluruhan, Adama hanya empat kali membela Barcelona dan mencetak satu gol.

Golnya tersebut tercipta saat menghadapi SD Huesca pada leg kedua fase 32 besar Copa del Rey, 16 Desember 2014. Saat itu, Adama mencetak gol pada menit ke-78 dan membantu Barca menang 8-1 atas Huesca. 

5 dari 6 halaman

4

- Gerard Deulofeu

Pesepak bola yang kini berusia 22 tahun tersebut menimba ilmu di La Masia dari 2003 hingga 2011. Bermain gemilang bersama tim junior, Deulofeu dipercaya melakoni debut bersama skuat senior pada 29 Oktober 2012 dalam laga melawan RCD Mallorca. 

Ketika itu, Deulofeu masih berusia 20 tahun dan 2 bulan. Dia masuk menggantikan Cesc Fabregas yang cedera pada menit ke-63. Gol pertamanya bersama Barcelona tercipta pada 16 September 2012 melawan Hercules. Sayang, golnya gagal menghindarkan Barca dari kekalahan 1-2 dari Hercules. 

6 dari 6 halaman

5

- Xavi Hernandez

Xavi merupakan salah satu jebolan akademi La Masia yang memiliki karier gemilang bersama Barcelona. Pria 36 tahun tersebut merupakan roh permainan Los Cules di lini tengah dari 1998 hingga 2015.

Total, Xavi mampu mencetak 84 gol plus 164 assist dari 743 pertandingan di seluruh ajang kompetisi. Dia juga turut membawa Barca meraih 25 gelar juara, termasuk delapan trofi La Liga dan empat Liga Champions. 

Dari sekian banyak laga yang dijalani bersama Barcelona, salah satu duel yang paling berkesan adalah ketika menghadapi Valencia pada 3 Oktober 1998. Sebab saat itu, Xavi yang berusia 21 tahun menjalani laga debut bersama tim senior. Berkat perannya di lini tengah, Blaugrana menang dengan skor 3-1. 

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer