Sukses


5 Kekalahan Memalukan Barcelona dan Real Madrid di Liga Champions

Bola.com, Jakarta Barcelona dan Real Madrid saat ini didaulat sebagai klub terbaik di dunia. Meski demikian, Blaugrana dan Los Blancos pernaj menelan beberapa kekalahan mengejutkan.

Skuat bertabur bintang menjadi alasan utama mengapa Barcelona dan Real Madrid dianggap sebagai klub terbaik di dunia. Barca memiliki Lionel Messi.

Sementara itu, Los Blancos memiliki Cristiano Ronaldo. Keduanya adalah pemain terbaik di dunia saat ini. Persaingan ketat keduanya dalam penghargaan FIFA Ballon d'Or menjadi bukti sahih.

Musim lalu, Barca dan Madrid mencatatkan prestasi gemilang. Madrid meraih Undecima, atau trofi Liga Champions kesebelas setelah menekuk Atletico Madrid 5-3 lewat adu penalti (28/5/2016).

Sementara itu, Barca meraih dua gelar, yakni La Liga dan Piala Raja Spanyol. Blaugrana mengumpulkan nilai akhir 91 poin dari 38 pertandingan, unggul satu poin dari Madrid yang menempati posisi kedua.

Pada ajang Copa del Rey, Barca mengalahkan Sevilla dengan skor 2-0 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Vicente Calderon, Madrid, (22/5/2016). Kedua gol El Barca kala itu dicetak Jordi Alba pada menit ke-97 dan Neymar 120+2'.

Meski dianggap sebagai yang terbaik, jalan Barcelona dan Real Madrid di Liga Champions tak selamanya mulus. Mereka pernah beberapa kali menelan kekalahan mengejutkan, bahkan di kandang sendiri.

2 dari 6 halaman

1

 Barcelona vs Atletico Madrid, Perempat Final 2013/2014

Pada leg pertama di camp Nou, Atletico Madrid menunjukkan perlawanan sengit melawan Barcelona dan mengakhiri laga dengan skor imbang 1-1. Gol Atletico kala itu dicetak oleh Diego pada menit ke-56. Barca berhasil menyamakan kedudukan melalui aksi Neymar pada menit ke-71.

Pada leg kedua, Atletico Madrid berhasil memetik kemenangan tipis 1-0. Gol tunggal kemenangan Los Rojiblancos dicetak oleh Koke pada menit ke-5. Ini menandai pertama kalinya Atletico Madrid berhasil menembus semifinal Liga Champions sejak tahun 1974. Sementara itu, Barcelona, yang kala itu dilatih Gerardo Martino, harus menerima bahwa timnya gagal lolos ke semifinal untuk pertama kalinya sejak tahun 2007.

3 dari 6 halaman

2

Real Madrid vs Monaco, Perempat Final 2003/2004

Pada leg pertama, Real Madrid meraih kemenangan 4-2 melawan AS Monaco di markas kebanggaannya, Estadio Santiago Bernabeu. Penalti Luis Figo pada menit ke-77 membawa Madrid unggul 1-0. Tiga gol Real Madrid lainnya dicetak oleh Zinedine Zidane, Luis Figo, dan Ivan Helguera. 

AS Monaco berhasil membalikkan keadaan pada leg kedua di Stade Louis II. Raul mencetak gol pertama untuk Madrid pada menit ke-35, namun Ludovic Guily berhasil mencetak 3 gol berturut-turut pada menit 45',48', dan 66'.  Agregat pertandingan sama kuat 5-5. Namun, AS Monaco berhak melaju ke babak semifinal dengan keunggulan agretivitas gol tandang.

4 dari 6 halaman

3

Barcelona vs Liverpool, 16 Besar 2006/2007

Liverpool berhasil mengalahkan Barcelona pada tanggal 21 Februari 2007 dengan skor 2-1 pada leg pertama di Camp Nou. Dibantu operan Ronaldinho dan Lionel Messi, Zambrotta berhasil mencetak gol untuk publik tuan rumah pada menit ke-15. Namun, dua menit sebelum pertandingan berakhir, pemain Liverpool Craig Bellamy berhasil melewati jebakan offside dan menembak ke sisi kosong gawang Barca yang dijaga oleh Victor Valdes. Liverpool semakin memperbesar keunggulan di Camp Nou dengan gol Dirk Kuyt pada menit ke-75.

Barcelona, yang bertandang ke Anfield pada leg kedua, hanya mampu menang dengan skor 1-0 lewat sumbangan gol Eidur Gudjohnsen. Agregat sama kuat 2-2. Namun, Liverepool lolos ke perempat final dengan keunggulan agretivitas gol tandang.

5 dari 6 halaman

4

Real Madrid vs Arsenal , 16 Besar 2005/2006

Arsenal berhasil menang 1-0 melawan Real Madrid di Santiago Bernabeu pada laga leg pertama yang berlangsung  pada 21 Februari 2006.  Pencapaian ini juga membuat mereka menjadi tim Inggris pertama yang mengalahkan Madrid di kandang sendiri. Gol dicetak oleh pemain pengganti Abou Diaby di menit ke-89. Kiper Arsenal saat itu, Jens Lehmann, berhasil mematahkan peluang emas dari David Beckham dan Ronaldo. Los Blancos kala itu harus kehilangan bek Jonathan Woodgate karena cedera hamstring.

6 dari 6 halaman

5

Real Madrid vs Liverpool, 16 besar 2008/2009

Liverpool benar-benar mendominasi Real Madrid pada dua leg, dan menang 4-0 di Anfield, dan menang 1-0 di Santiago Bernabeu. Pada leg pertama, Steven Gerrard mencetak dua gol, disusul dengan Fernando Torres pada menit ke-16 dan Andre Dossena pada menit ke-88. Sedangkan satu-satunya gol di Santiago Bernabeu dicetak oleh Yossi Benayoun.

Hasil ini merupakan kekalahan terbesar Real Madrid selama berlaga di Liga Champions.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini 

Video Populer

Foto Populer