Sukses


Pep Guardiola Dukung Catalan Keluar dari Spanyol

Bola.com, Barcelona - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mendorong warga Catalan di Barcelona, untuk mempersiapkan diri mendukung referendum kemerdekaan yang rencananya akan dihelat pada 1 Oktober 2017.

Pep Guardiola mengatakan hal tersebut setelah Presiden Catalan, Artur Mas, menggagas rencana menggelar referendum kemerdekaan Catalan. Namun, pemerintah Spanyol diberitakan akan mengambil sikap tegas karena hal itu dianggap merupakan perbuatan ilegal.

Akan tetapi, ancaman tidak menyurutkan semangat Pep Guardiola berorasi di hadapan 30.000 kerumunan yang memadati Istana Nasional Barcelona, Jumat (9/6/2017). Pep Guardiola pun mengajak dunia internasional untuk mendukung aksi tersebut.

"Kami bangsa Catalunya merupakan korban dari sebuah negara yang melakukan penganiayaan politik. Itu tidak sesuai lagi dengan kultur demokratis yang berada di Eropa pada abad ke-21 ini," kata Pep Guardiola.

"Di sini kami berada untuk mengatakan pada 1 Oktober nanti, kami akan memastikan masa depan meski Spanyol tidak menginginkannya," ujar Pep Guardiola.

"Kami mengharapkan negara-negara yang memiliki paham demokrasi di Eropa dan dunia, bisa berdiri bersama melawan penyalahgunaan kekuasaan di sebuah negara otoriter," ujar Pep Guardiola.

Sepak bola adalah satu di antara aspek yang akan terkena dampak jika Catalan memisahkan diri dari Spanyol. Barcelona dan Espanyol pun terancam tidak dapat berkompetisi lagi di La Liga. Larangan itu disampaikan Javier Tebas selaku Presiden la Liga beberapa waktu lalu.

Sumber: Telegraph

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

 

Video Populer

Foto Populer