Sukses


Saingi HBO dan Netflix, La Liga Ubah Kemasan Setiap Pekan

 

Laporan Jurnalis Bola.com, Nurfahmi Budiarto dan Rizki Hidayat, dari Singapura La Liga terus menciptakan varian produk agar bisa bersaing dengan kompetisi lain, baik dari sisi konten maupun pangsa pasar penonton. Satu di antara terobosan yang dilakukan La Liga adalah mengubah kemasan pertandingan.

Presiden La Liga, Javier Tebas, dalam event SPORTELAsia 2018, di Singapura, Rabu (14/3/2018) mengungkapkan rencana istimewa tersebut. Kali ini, ambisi La Liga tak lagi sekadar mengelola ruang lingkup sepak bola, melainkan jauh lebih kompetitif dari sisi kemasan hiburan.

Tebas menggaransi, proses pengembangan yang terus terjadi dalam pengelolaan La Liga, bakal memberi sensasi tersendiri bagi penonton. Pada akhirnya, La Liga akan menjadi prioritas pertama bagi keluarga, tak hanya sekadar penggila sepak bola, setiap akhir pekan.

Hal itu berkaitan dengan program pengembangan La Liga yang tak sekadar fokus kepada sajian sepak bola di lapangan hijau. Tebas ingin sajian La Liga bisa menyaingi pesona hiburan yang disajikan HBO dan Netflix.

"Kami punya rencana itu. Jadi, setiap keluarga bisa menikmati suasana sepak bola seperti layaknya mereka mendapat suguhan konten-konten premium di pentas dunia hiburan. Kapan?, saya pikir secepatnya kami bisa melangkah ke sana," beber Tebas.

Tebas menganggap, konsep bisnis sepak bola dalam periode modern sekarang tak hanya fokus ke pengelolaan pertandingan. Baginya, bisnis sepak bola sama dengan sajian hiburan.

Artinya, tantangan bagi dirinya semakin besar karena para pesaing bukan hanya datang dari dunia sepak bola. "Kami harus menyajikan paket 'film' yang sangat menghibur setiap pekan bagi keluarga, dan itulah yang akan membuat kami semakin berbeda dengan kompetitor," jelas Tebas.

Guna merealisasikan rencana tersebut, La Liga sudah bekerja sama dengan beberapa platform dan provider. Satu di antara yang paling strategi adalah kerja sama mereka dengan Amazon Prime.

Tebas menjelaskan, para penggemar La Liga, terutama yang menggunakan layanan televisi berbayar, akan mendapatkan beragam benefit. "Sebelum dan sesudah tayangan, kami menyediakan beragam pilihan bersama Amazon Prime, yang memiliki koleksi film dan program sangat bervariasi," kata Tebas.

Ia berharap, beragam kerja sama dengan pihak luar, seperti penyedia konten, perusahaan telekomunikasi sampai stasiun televisi, bisa memberi banyak kenikmatan kepada penggemar La Liga. "Jika itu terjadi, tantangan kami tinggal konsistensi kreatif," ungkap Tebas.

Video Populer

Foto Populer