Sukses


3 Jebolan La Masia yang Bisa Jadi Penerus Andres Iniesta di Barcelona

Bola.com, Barcelona - Andres Iniesta mengonfirmasi akan meninggalkan Barcelona pada Jumat (27/4/2018). Iniesta bakal aktif mengakhiri kerja sama dengan Barcelona mulai 30 Juni 2018.

Iniesta dan Barcelona sepakat tidak meneruskan kontrak sang pemain yang akan berakhir pada musim ini. Iniesta dikabarkan bakal melanjutkan karier sebagai pemain di Liga Super China.

Keputusan Iniesta menyisakan kesedihan bagi mayoritas pendukung Barcelona. Bukan tanpa sebab, Iniesta merupakan kapten yang hingga kini hanya membela Barcelona sejak 2002.

Meski merupakan didikan asli akademi Albacete, Iniesta sudah pindah ke Barcelona saat berusia 12 tahun pada 1996. Mengalami masalah adaptasi ketika menimba ilmu di La Masia, Iniesta perlahan mulai nyaman dan berhasil menembus skuat inti pada 2002.

Hingga berita ini tayang, Iniesta sudah bermain dalam 669 pertandingan Barcelona. Dia turut menyumbangkan 57 gol selama berseragam La Blaugrana di berbagai ajang.

Iniesta juga mampu menorehkan berbagai prestasi untuk Barcelona. Tercatat, pemain yang kini berusia 33 tahun itu sudah mengangkat trofi sebanyak 31 kali untuk klub kebanggaan publik Catalan itu.

Kehilangan Iniesta tentu menjadi pukulan berat bagi pendukung setia Barcelona. Namun, ada tiga pemain lulusan akademi La Masia yang diprediksi bisa menggantikan tempat Iniesta, baik saat ini maupun pada masa mendatang.

Siapa saja pemain yang bisa menggantikan peran Iniesta di Barcelona? Berikut ini adalah pemain-pemain tersebut.

 

 

 

2 dari 4 halaman

1. Rafinha

Rafinha sudah bergabung di akademi Barcelona sejak berusia 13 tahun. Dia merupakan anak dari legenda Brasil, Mazinho, dan juga adik kandung gelandang Bayern Munchen, Thiago Alcantara.

Rafinha menembus skuat utama Barcelona mulai musim 2011-2012. Dia sempat dipinjamkan ke Celta Vigo pada periode 2013-2014.

Kini, Rafinha kembali dipinjamkan ke Inter Milan. Kesepakatan itu bisa menjadi permanen bila Inter Milan mau mengeluarkan transfer 35 juta euro demi Rafinha.

Jika tidak, Rafinha bakal kembali ke Barcelona dan berupaya menjadi penerus Iniesta. Keunggulan besar Rafinha adalah kemampuan bermain di berbagai posisi, seperti gelandang serang, penyerang sayap, dan penyerang tengah.

3 dari 4 halaman

2. Carles Alena

Carles Alena merupakan gelandang serang masa depan Barcelona maupun tim nasional Spanyol. Saat ini, Alena berusia 20 tahun dan masih terdaftar sebagai pemain Barcelona B.

Namun, dia beberapa kali dimainkan di tim utama. Alena sudah merasakan tujuh kali bermain di skuat utama dengan menorehkan satu gol.

Barcelona sangat berharap Alena bisa menjadi pemain andalan pada masa depan. Hal itu dibuktikan dengan kontrak baru kepada Alena pada musim panas 2017 yang menyertakan klausul pelepasan sebesar 75 juta euro.

Sama seperti Iniesta, Alena merupakan gelandang serang. Namun, pemain berkaki kidal ini memiliki kelebihan lain ketimbang Iniesta, yakni piawai sebagai eksekutor bola-bola mati.

4 dari 4 halaman

3. Labinot Kabashi

Belum banyak yang mendengar nama Labinot Kabashi. Maklum saja, pemain ini masih berusia 18 tahun dan tergabung di Barcelona Juvenil B (tiga tingkat di bawah tim utama Barcelona).

Pada 2017, sebuah media Inggris memberitakan sepak terjang Kabashi. Media tersebut menyebut Kabashi memiliki gaya bermain seperti Andres Iniesta.

Kabashi juga dikabarkan menjadi rebutan tiga negara, yakni Kosovo, Finlandia, dan Spanyol. Kosovo dan Finlandia merupakan negara asal sang ayah dan ibunya, sementara dia bisa juga bermain di Spanyol jika menetap di negara itu selama lima tahun untuk mendapatkan status kewarganegaraan ganda.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer