Sukses


3 Alasan Barcelona Tak Boleh Membiarkan Philippe Coutinho Pergi

Jakarta - Keberadaan Philippe Coutinho di Barcelona mengundang pro-kontra. Ada yang meminta ia dilepas, namun ada pula yang meminta Barcelona mempertahankannya.

Barcelona mendatangkan Coutinho dari Liverpool pada Januari 2018 dengan harga 105 juta pound sterling atau Rp 1,9 triliun. Kedatangan Coutinho kala itu untuk menggantikan Neymar yang dilepas ke PSG.

Namun demikian, Coutinho ternyata tidak tampil sesuai harapan. Dua musim berkostum Barcelona, Coutinho baru tampil 75 kali dan mencetak 21 gol.

Dengan raihan itu, banyak pihak yang meminta Barcelona melepas Coutinho. Apalagi, gaji Coutinho juga terhitung tinggi, sekitar 220 ribu pound sterling per pekan.

Terlepas dari desakan itu, Barcelona bukannya tak punya alasan untuk tetap mempertahankan Coutinho. Seperti dilansir sportskeeda, berikut setidaknya tiga alasan agar Barcelona tak melepas Coutinho.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 dari 4 halaman

Tak Punya Banyak Opsi

Dengan melepas Coutinho, Barcelona berarti harus mencari pengganti di bursa transfer. Sayangnya, tak ada banyak stok pemain yang levelnya seperti Coutinho.

Alih-alih mendapat kualitas sepadan, Barcelona bukan tidak mungkin malah menghambur-hamburkan uang dengan membeli pemain lain. Saat ini, boleh dibilang hanya Antoine Griezmann yang punya kualitas sepadan.

Namun Griezmann sejatinya punya posisi berbeda dengan Coutinho. Pemain asal Prancis ini lebih sering bermain sebagai striker ketimbang gelandang.

3 dari 4 halaman

Masih Ada Harapan

Coutinho baru dua musim berkostum Barcelona. Di dua musim itu, ia memang tak tampil sesuai ekspektasi.

Akan tetapi, Coutinho sejatinya masih punya harapan untuk lebih baik di Barcelona. Pasalnya, ia sempat terkena cedera cukup lama di musim lalu.

Barcelona paling tidak bisa memberi kesempatan bagi Coutinho satu musim lagi. Lagipula, Coutinho masih punya kontrak dengan Barcelona hingga Juni 2023.

4 dari 4 halaman

Rugi Secara Finansial

Barcelona juga harus memperhatikan faktor finansial jika ingin melepas Coutinho. Pasalnya, harga transfer gelandang asal Brasil itu diprediksi bakal turun drastis.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan harga Coutinho turun. Namun faktor paling penting adalah penampilan Coutinho yang kurang konsisten di atas lapangan.

Jika ingin menjual Coutinho, Barcelona paling tidak harus menunggu penampilan sang gelandang naik kembali. Kalau tidak, mereka harus siap tekor di bursa transfer.

Video Populer

Foto Populer