Sukses


Pujian 13 Bintang dan Legenda Sepak Bola tentang Kehebatan Lionel Messi, Ada Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Kebintangan Lionel Messi di kancah sepak bola dunia tak perlu dipertanyakan lagi. Pemain berjuluk La Pulga tersebut telah mencicipi hampir semua gelar bergengsi, bersama tim maupun individu. 

Satu-satunya "noda" bagi Lionel Messi mungkin hanya kiprahnya bersama Timnas Argentina. Sang superstar belum berhasil mempersembahkan gelar juara dunia yang diidam-idamkan para penggemar Timnas Argentina. 

Belakangan Lionel Messi kembali memicu pembahasan panas. Pemicunya adalah kelanjutan masa depannya di Barca. Messi terlibat perselisihan terbuka dengan Direktur Olahraga Barcelona, Eric Abidal. Meskipun konflik tersebut telah diredam, efeknya masih ke mana-mana. 

Publik dan media mulai berspekulasi Lionel Messi bisa meninggalkan Camp Nou pada akhir musim ini. Skenario tersebut dulu sangat sulit dibayangkan karena sepanjang kariernya Messi memang hanya memperkuat Barcelona. 

Namun, belakangan skenario Messi berkonstum tim lain terus bermunculan. Salah satu klub yang santer dikaitkan dengan Messi adalah raksasa Premier League, Manchester City. Ada sosok mantan pelatih Messi di sana, Pep Guardiola, yang bisa memuluskan skenario perpindahan itu. 

Apa pun yang terjadi nanti, Messi tetaplah Messi. Sang pemain diprediksi tetap tampil memukau pada tahun-tahun mendatang, dengan klub apa pun. 

Kehebatan Messi telah diakui oleh legenda-legenda sepak bola dunia, mantan rekan setimnya, bahkan hingga rivalnya, Cristiano Ronaldo. Berikut ini beberapa pengakuan atas kehebatan Lionel Messi, seperti dilansir Sportkeeda

2 dari 14 halaman

1. Carles Puyol

"Barcelona ini akan selalu diingat sebagai Barca-nya Messi. Dia di atas segalanya yang pernah saya lihat. Dia Alien," kata legenda Barcelona sekaligus mantan rekan setim Messi, Carles Puyol. 

 

3 dari 14 halaman

2. Zinedine Zidane

"Dia selalu terus maju. Dia tak pernah mengumpan bola kembali ke belakang atau melebar. Dia hanya punya satu ide, maju mencetak gol. Jadi sebagai penggemar sepak bola, saya menikmati pertunjukan itu," kata legenda sekaligus pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. 

 

4 dari 14 halaman

3. Roy Keane

"Saya fan berat Maradona dan saat ini Cristiano Ronaldo bagus, tapi Messi terbaik yang pernah saya lihat. Saya tak memuji berlebihan, tapi Messi layak mendapatkannya. Saya mencari kelemahan dalam permainannya dan tak menemukannya," kata legenda Manchester United, Roy Keane. 

 

5 dari 14 halaman

4. Johan Cruyff

"Untuk sepak bola dunia, Messi adalah harta berharga karena dia anutan untuk anak-anak di seluruh dunia. Messi akan menjadi pemain yang memenangi Ballon d'Or terbanyak dalam sejarah. Dia akan menang lima, enam, tujuh. Dia berada di liga yang berbeda," kata legenda sepak bola Belanda, Johann Cruyff. 

 

6 dari 14 halaman

5. Romario

"Newton and Einstein punya level autisme tertentu. Saya berharap, seperti mereka, Messi melampaui dirinya sendiri setiap hari dan terus memberikan kami keindahan imej sepak bola," ujar legenda sepak bola Brasil, Romario. 

 

7 dari 14 halaman

6. Raul Gonzales

"Suatu hari saya melihat salah satu permainannya. Dia berlari membawa bola dengan kecepatan 100 persen. Saya tak tahu berapa sentuhan yang dilakukannya, mungkin lima atau enam, tapi bola menempel di kakinya. Rasanya mustahil," kata legenda Real Madrid, Raul Gonzales. 

 

8 dari 14 halaman

7. Diego Simeone

"Diego Maradona memberi kami banyak momen emosional. Namun, tanpa diragukan, Messi lebih baik daripada Maradona," kata pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. 

 

9 dari 14 halaman

8. Zlatan Ibrahimovic

"Messi tak butuh kaki kanannya. Dia hanya menggunakan kaki kirinya dan masih tetap menjadi terbaik di dunia. Bayangkan jika dia juga menggunakan kaki kanannya, maka kita semua menghadapi masalah serius," kata pemain AC Milan yang pernah setim dengan Messi, Zlatan Ibrahimovic. 

 

10 dari 14 halaman

9. Paolo Maldini

"Saya rasa dia telah mencapai dan melampaui level Maradona. Dia melakukan banyak hal luar biasa, di kecepatan seperti itu benar-benar gila," ujar legenda AC Milan, Paolo Maldini. 

 

11 dari 14 halaman

10. Xavi

"Sudah jelas Messi levelnya di atas semua pemain lainnya. Yang tak melihatnya pasti buta," kata legenda Barcelona yang juga pernah setim dengan Messi, Xavi. 

 

12 dari 14 halaman

11. Luis Figo

"Bagi saya, melihat Messi bermain adalah kesenangan, bahkan seperti orgasme. Benar-benar menyenangkan," kata mantan pemain Barcelona dan Real Madrid, Luis Figo. 

 

13 dari 14 halaman

12. Pep Guardiola

"Jangan menulis tentangnya, jangan mencoba mendriskripsikannya. Cukup lihat saja dia," kata manajer Manchester City yang pernah menangani Messi di Barcelona, Pep Guardiola. 

 

14 dari 14 halaman

13. Cristiano Ronaldo

Saya benar-benar mengagumi kariernya dan dari sisinya, dia pernah bilang kecewa ketika saya meninggalkan Spanyol, karena dia mengapresiasi rivalitas kami. Ini rivalitas bagus, tapi tidak unik. Michael Jordan punya rivalitas di basket, ada juga Ayrton Senna dan Alain Prost di F1," kata Ronaldo. Saya tak ragu Messi membuat saya menjadi pemain yang lebih baik," kata megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo. 

 

Video Populer

Foto Populer