Sukses


Andres Iniesta Tak Yakin Barcelona Mampu Kembali Mencetak Generasi Emas

Jakarta Mantan gelandang Barcelona, Andres Iniesta, menilai generasinya adalah yang terbaik sepanjang sejarah klub. Iniesta pun pesimistis Barca mampu kembali mencetak generasi emas dari akademi La Masia. 

Akademi sepak bola Barcelona itu mencapai puncak popularitas saat para lulusannya seperti Iniesta, Xavi Hernandez, Carles Puyol, Victor Valdes, Sergio Busquets, Gerard Pique, dan tentu Lionel Messi berhasil meraih banyak trofi di tim senior El Barca.

Kesuksesan itu belum lagi terulang lantaran Barcelona kini lebih mengandalkan pemain bintang yang datang lewat bursa transfer. "Generasi itu tidak akan lagi terulang, tetapi generasi selanjutnya tentu tidak boleh lebih buruk," kata Iniesta seperti dilansir Sportskeeda.

Generasi emas Barcelona itu berakhir pada medio 2013-2014. Satu per satu lulusan La Masia yang sudah termakan usia hengkang dari Barcelona.

Iniesta kini membela klub Jepang, Vissel Kobe. Meskipun demikian, Iniesta merasa, Barcelona tetaplah klub hebat.

"Saya telah melihat Puyol pergi, Valdes, dan juga Xavi. Anda konsentrasi kepada diri sendiri, dan para pemain top masih berada di sekitar klub," kata Iniesta yang sukses meraih 32 trofi juara bersama Barcelona.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Kembali ke Barcelona

Lebih lanjut, Iniesta mengaku menyimpan hasrat kembali ke Barcelona. Namun itu tidak berarti ia harus kembali sebagai pemain.

"Saya selalu mengatakan, akan senang jika kembali ke Barcelona. Pertanyaannya adalah untuk peran apa dan di situasi seperti apa," katanya.

Pemain berusia 35 tahun itu mengatakan, saat ini hanya ingin berkonsentrasi penuh membela Vissel Kobe. Lagipula, kontraknya baru akan berakhir di penghujung 2021.

"Saya punya kontrak sampai tahun depan, tetapi saya selalu mencoba melihat lebih jauh. Saya merasa baik dan ingin terus bermain. Kami senang di sini," katanya mengakhiri.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Luthfie Febrianto/Editor: Edu Krisnadefa/Published: 18/04/2020)

Video Populer

Foto Populer