Sukses


10 Panduan Umum Protokol Kesehatan Sesi Latihan Klub-Klub La Liga

Bola.com, Jakarta - Pekan ini, seluruh pemain dari La Liga Santander dan La Liga SmartBank telah kembali melakukan latihan dengan mengikuti protokol khusus. Setidaknya ada 10 panduan umum mengenai hal-hal yang wajib ditaati pesepak bola dari 42 klub kasta pertama dan kedua Liga Spanyol.

La Liga 2019-2020 masih menyisakan 11 jornada atau pertandingan lagi. Meski operator kompetisi belum menentukan kapan liga kembali dijalankan, tim-tim sudah diberi lampu hijau untuk menggelar sesi latihan.

Adapun sesi latihan tidak bisa digelar sembarangan. Terdapat protokol kesehatan yang wajib ditaati oleh semua klub.

Protokol ini menetapkan pedoman untuk meminimalkan kemungkinan penularan dan infeksi penyakit, terutama virus corona COVID-19 di antara semua pihak yang terlibat selama mereka kembali ke pelatihan.

Berikut ini 10 panduan umum protokol kesehatan sesi latihan klub peserta La Liga Santander dan SmartBank.

 

2 dari 4 halaman

Perilaku, Komunakasi, dan Transportasi

  • 1. Perilaku Pribadi

Para Pemain diharapkan untuk mengikuti peraturan kebersihan dan pembatasan sosial yang telah tersedia. Mencuci tangan adalah wajib, serta selalu menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin.

Minimalisasi sentuhan tangan ke mata, hidung, dan mulut, serta menjaga jarak setidaknya dua meter dari rekan setim dan staf klub.

  • 2. Pengujian

Sebelum melakukan latihan, para pemain, pelatih dan staf lainnya yang berada di fasilitas klub akan melalui berbagai tes COVID-19, termasuk PCR dan antibodi. Tes berkala akan dilakukan sebelum latihan dimulai.

  • 3. Disinfeksi Fasilitas Latihan

Setiap tempat latihan klub dan seluruh fasilitas akan diberikan disinfektan sebelum para pemain atau staf kembali beraktivitas dengan mengikuti instruksi otoritas kesehatan. Pembersihan akan dilanjurkan secara berkala setelah latihan dimulai.

  • 4. Komunikasi

Pada malam sebelum datang ke temppat latihan, pemain akan mendapatkan tugas serta jadwal untuk esok hari secara digital. Termasuk di dalamnya adalah instruksi detail tentang kapan dan bagaimana mengakses fasilitas latihan.

  • 5. Transportasi

Seluruh pemain dan staf klub yang memasuki tempat latihan harus menggunakan mobil pribadi dengan catatan, wajib dibersihkan secara berkala dan diberikan disinfektan.

Mobil yang digunakan juga harus sama setiap harinya, dan datang pada waktu yang telah ditentukan, serta meninggalkan fasilitas latihan usai selesai latihan.

 

3 dari 4 halaman

Masker dan Seragam Latihan

  • 6. Masker dan Sarung Tangan

Pemain dan staf harus menggunakan masker dan sarung tangan ketika tiba dan beraktivitas di fasilitas latihan.

  • 7. Kelompok Kecil

Pada sesi latihan individu, maksimal enam pemain uang diizinkan. Jaga jarak aman antarpemain. Hanya dua pemain yang diizinkan berada di pusat kebugaran.

  • 8. Seragam

Pemain dan staf harus mengenakan seragam serta sepatu latihan saat tiba di fasiltas latihan. Setelah berlatih, mereka mendapatkan kantong yang bisa didaur ulang berisi seragam latihan untuk hari berikutnya.

Saat di rumah, seragam bekas pakai harus dikembalikan ke tempat asalnya. Pada hari berikutnya, seragam harus ditempatkan di kontainer khusus pada pusat latihan yang nantinya akan diambil dan dicuci oleh staf klub.

  • 9. Kontak

Demi keselamatan pemain, staf, dan orang-orang yang mereka cintai serta rekan setimnya, disarankan agar tidak memasuki rumah selama fase protokol.

  • 10. Fisioterapis

Pemain disarankan tidak menggunakan fasilitas fisioterapis. Jika memang sangat perli, fisioterapisnya harus selalu orang yang sama.

Sumber: La Liga

4 dari 4 halaman

Video

New Normal, Suporter Viktoria Plzen dan Sparta Praha Nobar Drive-in

Video Populer

Foto Populer