Sukses


3 Maestro Lini Tengah Barcelona yang Sulit Tergantikan

Barcelona - Barcelona memiliki gelandang-gelandang jenius yang sulit ditandingi. Dimulai sejak era Johan Cruyff, Frank Rijkaard, Josep Guardiola hingga Xavi, Sergio Busquets dan Andres Iniesta.

Dari sederet nama itu, tiga nama terakhir boleh disebut paling dikenang. Trio Xavi, Busquets dan Iniesta bisa disebut sebagai gelandang paling sukses di Barcelona.

Sejak ketigannya sama-sama bermain di Barcelona pada 2008, prestasi demi prestasi berhasil ditorehkan. Salah satu prestasi paling fenomenal yaitu treble atau tiga gelar sebanyak dua kali.

Gelar treble bukan perkara gampang untuk dilakukan. Klub harus memenangkan tiga gelar yang kalau di Liga Spanyol terdiri dari juara La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions.

Tak banyak klub yang bisa menorehkan treble. Salah satu diantaranya Barcelona yang pernah dua kali treble. Bahkan Real Madrid pun tak pernah melakukannya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Torehan Mengagumkan

Dengan Xavi, Busquets, Iniesta, penampilan Barcelona bikin ngeri. Trio ini yang membuat lawan mati kutu karena sulit melakukan serangan, sekaligus sulit membendung serangan.

Xavi dan Iniesta tak dipungkiri merupakan otak serangan Barcelona. Sedangkan Busquets dikenal sebagai pemain dengan tekel bersih. Tungkai kakinya yang panjang membuat dia mampu merebut bola tanpa melakukan pelanggaran.

Tiga gelandang terbaik Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)

Ini membuat permainan Barcelona jadi halus saat menyerang maupun bertahan. Di periode treble yaitu 2008-2009 dan 2014-2015, ketiganya menjadi pilar yang sulit dipisahkan. Bahkan pemain berbakat seperti Thiago Alcantara harus pergi dari Barcelona karena suit merebut tempat dari ketiganya.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Liputan6.com (Defri Saefullah, published 29/5/2020)

Video Populer

Foto Populer