Sukses


5 Hal Bisa Dipelajari Saat Barcelona Menang Tipis atas Real Sociedad: Dua Muka Blaugrana

Bola.com, Barcelona - Barcelona menunjukkan dua wajah di laga melawan Real Valladolid. Tim asal Catalan itu tampil cukup bagus di babak pertama tetapi muncul dengan performa yang buruk pada babak kedua.

Barcelona menjalani lawatan ke markas Real Valladolid pada pekan ke-36 La Liga 2019/2020, Minggu (12/7/2020) dini hari WIB. Pada duel di Estadio Municipal Jose Zorrilla itu, Barcelona menang dengan skor 1-0 dari gol Arturo Vidal.

Bagi Blaugrana, hasil ini tak mengubah posisi mereka di klasemen sementara La Liga. Barcelona menambah tiga poin dan kini mendapat 79. Barcelona tertinggal satu poin dari Real Madrid yang berada di puncak klasemen. Sementara Real Valladolid tetap berada di posisi ke-14 dengan 39 poin.

Seperti yang terjadi di laga kontra Espanyol, di mana Barcelona juga menang 1-0, Barcelona kembali tidak tampil istimewa kendati mampu meraih kemenangan. Bahkan, Barcelona berada di bawah tekanan Valladolid pada babak kedua.

Lantas, pelajaran apa saja yang bisa dipetik dari duel Real Valladolid vs Barcelona? 

2 dari 7 halaman

Antoine Griezman Main Buruk

Antoine Griezman sempat tampil menjanjikan pada dua laga terakhir. Namun, pemain asal Prancis itu kembali tampil di bawah standar di laga melawan Valladolid. Bahkan, dia harus diganti Luis Suarez pada awal babak kedua.

Antoine Griezman hanya melepas satu shots selama 45 menit di atas lapangan dan itu melenceng. Mantan pemain Atletico Madrid itu hanya terlibat dalam 14 kali sentuhan dengan bola.

3 dari 7 halaman

Penampilan Buruk di Babak Kedua

Barcelona bermain cukup bagus di babak pertama. Mereka menguasai laga dan mendapatkan beberapa peluang, satu menjadi gol. Total, ada enam shots yang dilepaskan Barcelona di babak pertama.

Namun, performa Barcelona berubah di babak kedua. Pasukan Quique Setien tampil buruk. Barcelona memang masih memegang penguasaan bola, tetapi lebih sering berada dalam tekanan Valladolid.

Statistik Whoscored menunjukkan jika Valladolid melepaskan sembilan shots di babak kedua, dengan empat yang tepat sasaran. Beruntung ada Marc-Andre ter Stegen yang tampil bagus di babak kedua dan mengamankan raihan tiga poin krusial bagi Barcelona.

4 dari 7 halaman

Ketergantungan Lionel Messi

Lagi, Lionel Messi. Barcelona kembali bergantung pada tuah Lionel Messi untuk mendapat tiga poin. Pemain asal Argentina itu dengan cerdik melepas umpan yang membuat Arturo Vidal berdiri bebas dan mencetak gol.

Kini, Lionel Messi telah mencetak 20 assist di La Liga musim 2019/2020. Jika ditambah dengan torehan 22 golnya, maka La Pulga terlibat dalam 42 dari total 80 gol Barcelona. No Messi, no party!

Jika melihat jangka panjang, Lionel Messi bisa menjadi kabar buruk. Klub terlalu bergantung padanya dan baru-baru ini tersiar kabar jika Lionel Messi menolak melanjutkan negosiasi kontrak baru.

5 dari 7 halaman

Arturo Vidal, Solusi Gol Barcelona

Arturo Vidal lah yang keluar sebagai bintang lapangan untuk Barcelona. Pemain asal Chile mencetak gol pada menit ke-15. Dia dengan jeli masuk ke kotak penalti dan menyambar umpan Lionel Messi.

Pemain yang pernah membela Juventus itu kini telah mencetak delapan gol di La Liga. Catatan gol Vidal hanya terpaut satu saja dari Antoine Griezmann, pemain yang dibeli 120 juta euro di awal musim.

Nasib Vidal dan Griezmann di awal musim bak bumi dan langit. Vidal hampir dijual dan Griezmann mati-matian dibeli dari Atletico. Namun, kini mereka bertukat nasib. Vidal menjadi idola dan Griezmann merana.

6 dari 7 halaman

Masih Ada Harapan Juara La Liga

Peluang Barcelona untuk menjadi juara La Liga 2019/2020 belum sepenuhnya sirna. Kemenangan atas Real Valladolid membuat peluang tersebut tetap hidup, walau harus diakui kalau peluang itu sangat kecil.

Barcelona kini hanya punya dua laga tersisa di La Liga, lawan Osasuna dan Alaves. Poin maksimal yang bisa didapat Barcelona adalah 85.

Di sisi lain, Real Madrid kini telah meraih 80 poin dan masih punya tiga laga sisa. Real Madrid hanya butuh lima poin tambahan untuk bisa juara. Sebab, andai meraih 85 poin, Real Madrid tetap berada di puncak klasemen karena unggul head to head dari Barcelona.

 

Sumber asli: Bola.net 

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 12/7/2020)

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer