Sukses


Bukan Hanya Jago Cetak Gol dan Assist, Lionel Messi Juga Raja Dribel

Bola.com, Jakarta Lionel Messi tetap menorehkan beberapa catatan istimewa meskipun Barcelona gagal menjuarai La La Liga musim ini. Kualitas individu Lionel Messi memang spesial dan sulit disaingi. 

Lionel Messi berhasil menjadi top scorer La Liga 2019/2020 dengan 25 gol, yang membuatnya meraih trofi Pichichi ke-7. Dia juga mengoleksi total 21 assists, yang merupakan rekor baru di La Liga.

Sayangnya Barcelona diserang sejumlah masalah sepanjang musim, bahkan sampai memecat Ernesto Valverde. Andai kondisi tim lebih baik, mungkin penghargaan individu Messi bisa dilengkapi dengan trofi kolektif.

Selain jadi raja gol dan raja assist, Marca mengklaim bahwa Messi sekali lagi jadi raja dribel di La Liga. Tercatat, Messi menuntaskan 182 dribel sukses di La Liga. Angka itu nyaris dua kali lipat lebih banyak dari torehan Nabil Fekir, yang ada di posisi kedua dengan 98 dribel sukses.

Di bawah dua pemain ini, ada Andre-Frank Zambo Anguissa (86 dribel sukses) dan Fabian Orellana (69). Mereka adalah empat besar jago dribel di La liga musim ini.

Torehan Lionel Messi ini membuatnya mengambil kembali takhta raja dribel yang musim lalu dicomot pemain Celta Vigo, Sofiano Boufal. Kala itu Messi kalah 10 dribel dari penyerang Maroko ini.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Dominan di Eropa

Dalam 10 tahun terakhir, Messi meraih gelar raja dribel La Liga sebanyak 6 kali. Musim ini, dengan 182 dribel, dia menorehkan catatan ketiga terbaiknya, hanya 4 angka di bawah rekor 186 dribel di musim 2010/2011.

Jika ruang lingkupnya diperluas, tidak ada pemain di Eropa yang bisa menyamai catatan dribel sukses Messi dalam 12 tahun terakhir. Usia boleh menua, tapi kaki-kaki Messi masih sama gesitnya.

Messi juga punya lawan favorit yang sering menderita menghadapi kegesitannya. Masih menurut Marca, Atletico Madrid adalah tim yang paling sering dibuat tidak berdaya dengan dribel Messi.

Musim ini Messi membuat 16 dribel sukses saat melawan pasukan Diego Simeone itu, dengan total 130 dribel sukses sejak musim 2008/2009.

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Penulis Richard Andreas, published 28/7/2020)

Video Populer

Foto Populer