Sukses


Liga Spanyol: Jangan Ngaku Madridista Kalau Belum Tahu 5 Hal Tentang Marco Asensio Ini

Bola.com, Jakarta - Marco Asensio adalah gelandang elegan yang dimiliki raksasa Liga Spanyol, Real Madrid. Lahir pada 1996, pemain Timnas Spanyol itu memiliki sejumlah fakta menarik yang belum diketahui orang banyak.

Memulai karier sepak bola di Real Mallorca pada 2012/2013, tepatnya ketika ia dipromosikan dari tim junior ke tim U-19, kebintangan Marco Asensio makin terang benderang.

Hanya butuh dua tahun saja buatnya masuk ke susunan pemain inti Real Mallorca. Puncaknya, pada 2015/2016, Real Madrid yang melihat bakat terpendam Marco Asensio merekrutnya.

Real Madrid 'hanya' menggelontorkan 3,5 juta euro saja kala itu. Kini, harganya dipercaya sudah belasan kali lipat.

Meski Real Madrid dihuni oleh lusinan pemain top dunia, Marco Asensio tetap menjadi primadona dan seringkali menjadi penentu kemenangan timnya. Berkat penampilan cemerlangnya pula ia dilirik masuk ke Timnas Spanyol.

Performa Marcos Asensio musim 2019/2020 sempat terganggu karena cedera parah. Ia bahkan seharusnya tidak bisa tampil hingga akhir musim, namun karena pandemi virus corona, ia bisa dimainkan lantaran Liga Spanyol ditunda.

Bola.com merangkum beberapa fakta menarik yang jarang orang ketahui tentang gelandang top klub raksasa Liga Spanyol dan Real Madrid, Marco Asensio.

Video

2 dari 6 halaman

Spesialis Debut

Setelah Marco menyelesaikan kepindahannya dari RCD Mallorca ke Real Madrid pada tahun 2014, ia langsung dipinjamkan kembali ke RCD Mallorca lalu ke Espanyol.

Saat ia kembali ke Real Madrid pada tahun 2016, ia langsung mengambil hati para penggemar pada debutnya dengan tendangan jarak jauh ketika melawan Sevilla di Piala Super UEFA.

Setelah itu, ia kembali mencetak gol dalam debutnya di La Liga, Liga Champions, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol. Impresif!

3 dari 6 halaman

Peran Rafael Nadal

Marco lahir di Pulau Mallorca, salah satu tujuan liburan terbaik di dunia. Mallorca juga menjadi tempat asal bintang tenis, Rafael Nadal, yang adalah seorang penggemar Real Madrid. Hubungan baik Nadal dengan para direktur Real Madrid adalah salah satu faktor yang membantu kepindahan Asensio.

4 dari 6 halaman

Keturunan Belanda

Marco bermain untuk timnas Spanyol, tapi ia dapat membela timnas Belanda jika ia mau. Asensio lahir di Palma, kota terbesar Mallorca. Ayahnya berkebangsaan Spanyol dan ibunya berkebangsaan Belanda, Asensio bahkan dapat berbahasa Belanda.

5 dari 6 halaman

Inspirasi dari Marco van Basten

Marco bukanlah nama yang lumrah di Spanyol, dan masih kalah umum dengan nama Marcos diantara orang-orang Spanyol. Asensio mendapat nama Marco dari darah Belandanya, terutama karena sang ibu sangat kagum dengan mantan bintang Ajax, AC Milan, dan legenda Belanda, Marco van Basten.

6 dari 6 halaman

Pembuka dan Penutup

Asensio memenangi empat trofi di musim debutnya bersama Real Madrid: LaLiga Santander, Liga Champions, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Klub. 10 golnya termasuk gol pembuka Real Madrid di musim tersebut – melawan Sevilla di Piala Super UEFA – dan penutup: gol keempat dan terakhir Real Madrid dalam kemenangan 4-1 atas Juventus di final Liga Champions.

Video Populer

Foto Populer