Sukses


Luis Suarez dan 5 Bintang Barcelona yang Hijrah ke Atletico Madrid: Kerap Jadi Senjata Makan Tuan untuk Blaugrana

Bola.com, Jakarta - Luis Suarez akhirnya jadi juga meninggalkan Barcelona pada musim panas ini. Penyerang berkebangsaan Uruguay tersebut dipastikan bergabung dengan rival Barcelona di Spanyol, Atletico Madrid.

Suarez terbilang cukup sering diberitakan akan meninggalkan Camp Nou dalam beberapa pekan terakhir. Hal itu dipicu pernyataan Ronald Koeman sudah tidak menginginkan dirinya lagi di Barcelona.

Awalnya, Suarez diyakini akan berlabuh di Italia dan bermain bersama raksasa Serie A, Juventus. Sayangnya, permasalahan kewarganegaraan membuat kans Suarez bermain di Italia jadi tertutup.

Barcelona akhirnya mengumumkan kalau Suarez telah resmi menjadi bagian dari Atletico Madrid melalui situs resminya. Dalam pernyataannya, diketahui kalau Suarez ditebus Atletico Madrid seharga enam juta euro.

"FC Barcelona dan Atletico Madrid telah meraih kesepakatan untuk transfer pemain Luis Suarez. Klub asal Madrid itu akan membayar FC Barcelona sebesar enam juta euro dalam berbagai variabel," tulis pernyataan klub lewat situs resmi.

Ini bukan pertama kalinya Barcelona melepas pemain ke Atletico Madrid. Sebelum Suarez, klub Catalan tersebut sudah pernah melakukannya beberapa kali. Berikut ini lima di antaranya.

Video

2 dari 6 halaman

David Villa

David Villa mempunyai karier yang sukses di Barcelona. Ia berhasil memenangkan delapan gelar termasuk dua titel La Liga dan satu trofi Liga Champions.

Namun, kebersamaan Villa dengan Barcelona berakhir pada tahun 2013. Mantan bomber timnas Spanyol itu dilepas ke Atletico Madrid dengan biaya 2,1 juta euro.

Villa hanya bermain satu musim saja bersama Los Rojiblancos. Ia ikut mempersembahkan titel La Liga sebelum melanjutkan kariernya di Melbourne City.

3 dari 6 halaman

Thiago Motta

Motta memulai karier profesionalnya bersama Barcelona B pada tahun 1999 dan berhasil promosi ke tim senior pada tahun 2001. Ia membela Barca selama enam tahun dan berhasil memenangkan empat gelar di sana.

Motta kemudian memutuskan hengkang ke Atletico Madrid pada tahun 2007 dengan biaya transfer sebesar 2 juta euro. Sayangnya, kariernya bersama Los Rojiblancos tidak berjalan mulus karena masalah cedera.

Mantan pemain PSG itu hanya bermain 10 kali saja di Atletico. Ia kemudian melanjutkan kariernya di Genoa pada musim berikutnya.

4 dari 6 halaman

Luis Garcia

Luis Garcia merupakan pemain didikan akademi Barcelona. Setelah dipinjamkan ke beberapa klub, ia akhirnya dijual ke Atletico Madrid pada musim 2002/2003.

Luis Garcia tampil cukup bagus bersama rival sekota Real Madrid tersebut. Mantan pemain Liverpool itu mencatatkan 32 penampilan dengan mencetak 9 gol.

Setelah tampil mengesankan bersama Los Rojiblancos, Barcelona kemudian menarik kembali sang pemain ke Camp Nou pada musim berikutnya.

5 dari 6 halaman

Sergi Barjuan

Sergi Barjuan menghabiskan sebagian besar kariernya di Barcelona. Mantan bek kiri tersebut ikut memenangkan sembilan gelar selama sembilan musim di Camp Nou.

Setelah tidak dibutuhkan Louis van Gaal di Barcelona, Sergi pindah ke Atletico Madrid pada 2002. Ia bergabung ke klub ibukota tersebut dengan free transfer.

Sergi membela Los Rojiblancos selama tiga musim. Mantan pemain timnas Spanyol itu mencatatkan 91 penampilan sebelum pensiun pada 2005.

6 dari 6 halaman

Miquel Soler

Miquel Soler memulai karier profesionalnya bersama Espanyol. Ia kemudian pindah ke klub tetangga Barcelona pada tahun 1988.

Soler bermain bersama Barcelona selama tiga musim dan meraih empat gelar. Ia kemudian dijual ke Atletico Madrid pada tahun 1991.

Mantan bek kiri timnas Spanyol ini cuma memperkuat Los Rojiblancos selama satu musim. Ia lantas memutuskan kembali ke Barcelona meski kariernya tidak sukses di sana.

Sumber asli: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 24/9/2020)

Video Populer

Foto Populer