Sukses


5 Pemain Kaliber yang Kerap Diselepelekan Kontribusinya di Barcelona

Bola.com, Jakarta - Sejarah gemilang Barcelona di sepak bola Spanyol dan Eropa diukir oleh beberapa pemain legendaris yang menghiasi klub tersebut. Figur-figur seperti Lionel Messi, Ronaldinho, Andres Iniesta, Johan Cryuff, untuk beberapa nama lainnya, adalah beberapa pemain yang langsung terlintas dalam pikiran kita berkaitan dengan hal ini.

Namun, ada beberapa orang lain yang mungkin terkesan diabaikan berkaitan dengan kesuksesan tersebut. Mereka sejatinya bagian integralnya berbagai tim Barcelona yang banjir gelar selama bertahun-tahun.

Kontribusi pemain bagus tidak selalu cukup dihargai karena kehadiran superstar di tim, yang lebih menarik perhatian media untuk memberitakan ketenaran mereka. 

Berikut ini deretan lima pemain paling sering diremehkan dalam sejarah kejayaan Barcelona. Padahal, tanpa mereka amat mungkin Blaugrana tak bisa berjaya.

Video:

2 dari 6 halaman

Javier Mascherano

Tiga tahun yang luar biasa bersama Liverpool membuat Javier Mascherano pindah ke Barcelona pada tahun 2010. Namun karena kehadiran Sergio Busquets, pemain Argentina itu sebagian besar dimainkan di luar posisi aslinya selama tujuh setengah musim bertugas dengan Barcelona.

Meski demikian, Mascherano mengukir karier yang hebat bersama Blaugrana.

Javier Mascherano adalah orang yang sangat andal, beroperasi dengan sukses dari berbagai posisi di lini tengah dan pertahanan. Ia juga selalu tampil bagus di momen-momen besar.

Dia selalu dikelilingi oleh sosok yang jauh lebih besar dan lebih glamor di klub, yang mungkin menjelaskan mengapa Mascherano tidak pernah benar-benar mendapat banyak perhatian yang pantas ia dapatkan. Meski demikian, kontribusinya untuk Barcelona sangat bernilai.

3 dari 6 halaman

Victor Valdes

Kariernya di usia uzur berantakan karena cedera, tetapi terlepas dari hal itu Victor Valdes adalah penjaga gawang yang luar biasa di masa jayanya di Barcelona. Sayangnya kontribusi sang kiper terkesan kurang dihargai dengan pantas.

Datang melalui tim muda di Barcelona, Valdes masuk ke tim senior pada tahun 2002 sebelum menjadikan dirinya sebagai pilihan pertama Blaugrana setahun berselang.

Selama 11 tahun berikutnya, Valdes menjadi model konsistensi untuk Barcelona, memainkan peran utama dalam era gemilang Pep Guardiola. Tapi dia tidak pernah menerima pujian sebanyak yang dia pantas untuk usaha kerasnya membentengi pertahanan Barcelona.

4 dari 6 halaman

Marc-Andre ter Stegen

Sedikit informasi yang diketahui tentang Marc-Andre ter Stegen ketika Barcelona mendatangkannya  dari Borussia Monchengladbach pada 2014. Tapi tujuh tahun kemudian, dia berada di jalur yang tepat untuk menjadi penjaga gawang terbaik yang pernah dimiliki Barcelona.

Awalnya, pemain Jerman itu hanya pemain cup-game tetapi perlahan menjadi pria pilihan utama Barcelona di La Liga,  setelah kepergian Claudio Bravo ke Manchester City pada 2016.

Seorang pemain yang konsisten dengan refleks yang sangat baik dan kemampuan menghentikan tembakan yang luar biasa, Ter Stegen telah membawa gagasan modern tentang penjaga gawang ke tingkat yang baru. Tetapi ia jarang mendapat pujian untuk itu.

Akhir-akhir ini, peran pentingnya bagi Barcelona hampir sama pentingnya dengan Messi, menjaga kesetabilan penampilan klub yang terhuyung karena berlalunya generasi emas.

5 dari 6 halaman

Ivan Rakitic

Terlalu sering menjadi kambing hitam setiap kali Barcelona tampil buruk, Ivan Rakitic menjadi pelayan setia klub selama enam tahun sebelum bergabung kembali dengan Sevilla musim panas lalu dengan status bebas transfer.

Mengganti seseorang dari sejenis Xavi bukanlah prestasi yang berarti, tetapi pemain Kroasia itu berhasil melakukannya dengan sempurna. Rakitic membuktikan dirinya sebagai pemain kunci di lini tengah Barcelona, berkat kemampuan playmaking dan kemampuannya mencetak gol.

Rakitic pergi setelah 310 penampilan untuk Barcelona, memenangkan 13 trofi, mencetak 35 gol dan menyumbang 42 assist. Rakitic dianggap surplus di Barcelona musim lalu, sehingga ia harus pergi dari Camp Nou sekalipun sihirnya sejatinya masih sangat dibutuhkan Blaugrana. 

6 dari 6 halaman

Sergio Busquets

Mengabaikan semua sandiwara di lapangan dan rekor disiplin yang buruk, Sergio Busquets adalah legenda lini tengah sepanjang masa tetapi ia kerap terlalu diremehkan dan kurang dihargai.

Dia terutama menjadi berita karena barang antiknya saat menyelam atau protes dengan wasit tetapi tidak berkali-kali karena penampilan heroik seperti gol di menit-menit terakhir atau bola terobosan yang membelah pertahanan atau bahkan assist spektakuler.

Seorang veteran dari tim peraih treble bersejarah Barcelona tahun 2009, Busquets telah menandai otoritasnya di lini tengah Blaugrana selama lebih dari satu dekade dan diam-diam mengatur era terbesar mereka yang pernah ada.

Dengan 615 penampilan dan 29 gelar di bawah ikat pinggangnya, pria Spanyol itu adalah pemain yang luar biasa. Busquets akan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu yang terhebat di Blaugrana sepanjang masa.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer