Sukses


Gendeng! Barcelona Gagal Juara La Liga Spanyol tapi Lionel Messi Cetak 7 Statistik Fantastis Ini

Bola.com, Jakarta - Barcelona boleh jadi gagal merealisasikan target juara La Liga Spanyol  musim 2020-2021. Namun secara individu, Lionel Messi tetap tampil cukup baik dan masih memberikan kontribusi sebanyak biasanya.

Messi memecahkan banyak rekor pribadi di La Liga musim ini. Memang musim ini bukan musim gol dan assist terbanyak Messi, tapi dalam konteks yang tepat, torehan Messi terbilang luar biasa.

La Pulga memulai musim setelah meredakan pemberontakannya. Dia memutuskan bertahan, tapi hanya jika Barca bisa memberinya peluang jadi juara.

Sayangnya, Barca kembali gagal di La Liga dan gagal total di Liga Champions. Dua kegagalan ini membuat musim Barcelona dan Messi terasa pahit.

Meski demikian, Lionel Messi tetap tampil apik di level pribadi dengan sejumlah torehan di La Liga. Dia tetap meraih gelar top scorer dan sejumlah catatan apik lainnya.

Video

2 dari 8 halaman

Gol terbanyak: 30

  •  Peringkat dua: Karim Benzema/Gerard Moreno (23)

Messi sebenarnya tidak terlalu produktif di awal musim. Performanya beberapa bulan pertama tampak tidak maksimal, kemungkinan besar karena pengaruh konfliknya di akhir musim lalu.

Meski begitu, Messi tetap Messi. Dia bangkit dengan catatan selalu mencetak gol atau assist dalam 14 pertandingan beruntun.

Akhirnya Messi berhasil meraih Pichichi dengan 30 gol di La Liga, tetap unggul jauh dari pemain lain.

3 dari 8 halaman

Gol dan Assist Terbanyak: 39

  • Peringkat dua: Karim Benzema (32)

Sama seperti torehan golnya yang minim di awal musim, Messi juga kesulitan di beberapa bulan pertama dengan hanya satu assists. Sumbangsihnya baru meningkat drastis dalam laju 14 pertandingan beruntun tersebut.

Messi menutup musim dengan 9 assist. Bukan yang tertinggi di antara pemain La Liga, tapi jika digabungkan dengan gol, kontribusinya jadi yang paling besar.

4 dari 8 halaman

Tembakan terbanyak: 141

  • Peringkat dua: Karim Benzema (123)

Tidaklah mengejutkan bahwa top scorer Liga juga menorehkan catatan tembakan terbanyak. Messi paling sering mengancam gawang lawan musim ini.

Dia membuat total 141 tembakan, tapi 55 di antaranya bisa diblok lawan. Sebagai perbandingan, di peringkat dua ada Karim Benzema dengan 123 tembakan (25 diblok).

Messi juga menorehkan catatan shot on target tertinggi dengan 91 tembakan.

5 dari 8 halaman

Menciptakan peluang terbanyak: 77

  • Peringkat dua: David Ferreiro (73)

Messi benar-benar memikul beban timnya. Bukan hanya gol dan assist, dia juga jadi kreator peluang terbaik Barcelona.

La Pulga sering membuat peluang dari posisi yang tidak terduga, kontribusi penting untuk rekan setimnya. Sayangnya, sebagian besar peluang yang diciptakan Messi tidak dituntaskan dengan baik.

6 dari 8 halaman

Umpan terobosan terbanyak: 20

  • Peringkat dua: Sergio Busquets (13)

Hanya segelintir pemain di dunia yang bisa membuat umpan terobosan semulus Messi. Dia bisa melihat celah umpan yang seringkali tidak bisa dilihat pemain lain.

Tidak ada pemain di La Liga, bahkan di lima liga top Eropa, yang bisa menyamai 20 umpan terobosan Messi. Pemain terdekat yang mengejarnya adalah Angel Di Maria dengan 16 umpan terobosan dan Sergio Busquets dengan 13 umpan terobosan di La Liga.

7 dari 8 halaman

Dribel terbanyak: 159

  • Peringkat dua: Javier Galan (121)

Seperti biasa, Messi adalah pemain dengan kemampuan kaki yang istimewa. Dia bisa melewati 4-5 lawan bersamaan. Kemampuan dribel Messi luar biasa.

Musim ini Messi berhasil membuat 159 dribel sukses. Angka ini luar biasa tinggi, mengingat hanya ada 38 pertandingan di La Liga -- dan Messi melewatkan beberapa laga.

8 dari 8 halaman

Palling banyak dilanggar lawan: 99

  • Peringkat dua: Javier Galan (97)

Bagaimana caranya menghentikan pemain yang begitu gesit dan lihai melihat celah kosong? Jatuhkan saja!

Perlakuan keras tersebut benar-benar dialami Messi setiap musimnya, termasuk musim ini. Dia jadi pemain yang paling sering dilanggar lawan.

Sumber asli: La Liga, Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, Published 31/5/2021)

Sejauh Mana Barcelona Bisa Melangkah di Liga Champions? Ronald Koeman Bilang Tidak Tahu

Video Populer

Foto Populer