Sukses


Lika-liku Barcelona Rekrut Memphis Depay, Sergio Aguero, dan Eric Garcia dengan Gratis: Sungguh Manuver Brilian

Bola.com, Barcelona - Barcelona baru-baru ini mengumumkan perekrutan Memphis Depay. Pemain Belanda itu gabung ke Camp Nou secara gratis. 

Ya, Barcelona tidak mengeluarkan uang transfer untuk memboyong Memphis Depay. Cara yang sama juga dilakukan Barca saat menggaet Sergio Aguero dan Eric Garcia beberapa pekan lalu. 

Dalam konteks krisis umum di dunia sepak bola dan dengan kas klub yang kosong, manuver manajemen Barcelona sangat brilian. Ketiga pemain tersebut, karena campur tangan orang yang berbeda, akhirnya mendarat di Barcelona secara gratisan.

Ketiga pemain itu akan menjadi pilar bagi tim Barca musim depan. Dari sini, klub harus berusaha mendepak pemain yang tersisa dari skuad.

Penjualan pemain yang cerdas penting untuk modal mendatangkan pemain lain yang tidak berbanderol gratisan. Namun, manuver tahap pertama Barcelona berujung dengan sukses. 

Bagaimana lika-liku Barcelona mendapatkan tiga pemain gratisan itu? Berikut ini perinciannya. 

 

2 dari 5 halaman

1. Memphis Depay dan Bujukan Ronald Koeman

Ketertarikan Barcelona terhadap Memphis Depay sudah berlangsung selama satu tahun. Bahkan, merekrut Depay menjadi salah satu permintaan Koeman saat sampai di Camp Nou.

"Saya mengenalnya dengan baik dari tim nasional Belanda dan dia adalah pemain yang menjamin gol (musim ini dia telah mencetak 21 gol bersama Lyon), masalah yang melanda Barcelona setelah kepergian Luis Suárez," kata Koeman saat itu.

Namun, Barcelona gagal mendapatkan tanda tangan Depay pada musim lalu. Koeman belum menyerah. Mereka kembali berburu jasa Depay. 

Koeman berhasil mencapai kesepakatan verbal dengan Depay. Bahkan, Depay berjanji tak akan menerima tawaran dari klub lain. 

Ketidakstabilan posisi Koeman terancam menggagalkan operasi itu, tetapi Depay tetap setia pada kata-kata yang dia berikan kepada sang pelatih. Negosiasi tetap berjalan dan pada akhirnya kedua belah pihak mencapai kesepakatan.

 

3 dari 5 halaman

2. Eric García dan Manuver Joan Laporta

Ketertarikan Barcelona pada bek Manchester City itu sudah datang sejak jauh-jauh hari. Barca bahkan sudah memiliki perjanjian tertutup dengan Ivan de la Pena, perwakilan Eric Garcia, sejak musim panas lalu ketika Bartomeu masih menjadi presiden.

Barcelona bahkan sudah akan mendatangkan Eric Garcia pada Januari 2021. Namun, Joan Laporta memblokir kesepakatan itu setelah terpilih sebagai presiden klub. Dia tidak mau mengeluarkan uang sepeser pun untuk membeli Eric Garcia dari Manchester City. Ia memilih menunggu kontrak sang pemain habis pada Juni 2021. 

Namun, kesepakatan kedua pihak hampir batal karena Barca ingin mengurangi gaji yang ditawarkan kepada Garcia. Namun, pada akhirnya Garcia menolak meneken perpanjangan kontrak dengan City dan menerima gaji baru yang disodorkan Barca. 

 

4 dari 5 halaman

3. Sergio Aguero dan Peran Lionel Messi

Pembelian gratis yang ketiga adalah Sergio Aguero. Dalam operasi ini, faktor Messi sangat menentukan.

Laporta ingin punya argumen untuk membujuk Leo untuk memperbarui kontraknya dengan Barcelona, salah satunya membawa sang teman baik seperti Aguero datang ke Barcelona.

Aguero juga diiming-imingi tentang prospek dua tahun bermain di level tertinggi supaya siap bermain di Piala Dunia 2022 di Qatar. Tawaran itu sulit ditolak karena ia juga akan bermain bersama sahabat karibnya, Messi. 

Bahkan, demi pindah ke Barca, dia rela mendapat gaji setengah dari yang diterimanya di Manchester City. 

Sumber: Marca 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer