Sukses


Liga Spanyol: Berniat Gantung Sepatu pada Usia 33 Tahun, Toni Kroos Ingin Pensiun di Real Madrid

Bola.com, Jakarta - Toni Kroos punya rencana mengakhiri karier sebagai pemain sepak bola profesional di usia 33 tahun. Dan ketika masa perumputnya berakhir, ia ingin menjadikan Real Madrid sebagai labuhan terakhirnya.

Real Madrid memetik hasil binaan Bayern Munchen tersebut di tahun 2014 lalu. Kalau dilihat dari kisahnya, seharusnya Kroos bergabung dengan Manchester United pada tahun itu.

David Moyes-lha yang menginginkan Kroos di Manchester United. Kesepakatan sudah tercapai dan proses transfernya hampir rampung. Sayangnya, di tengah-tengah proses, Moyes dipecat dan digantikan oleh Louis van Gaal.

Pelatih asal Belanda itu menolak kehadiran Kroos di dalam skuatnya. Pada akhirnya, rencana sang gelandang memperkuat the Red Devils harus dibatalkan. Pada saat itulah, Real Madrid mendapatkan celah untuk merekrutnya.

Tahun Tujuh musim telah dihabiskan Kroos bersama Real Madrid. Berbagai macam medali juara dari berbagai kompetisi telah diraihnya dalam kurun waktu itu. Tiga di antaranya bahkan berasal dari ajang Liga Champions.

Kini usianya sudah berada di angka 31 tahun. Ini adalah masa di mana seorang pesepakbola umumnya mendekati masa-masa pensiun. Jika tidak, mereka akan melanjutkan karir bermainnya pada level yang lebih rendah.

Berbeda dengan Cristiano Ronaldo yang masih bermain pada usianya yang ke-36 tahun, Kroos tidak muluk-muluk. Menurut pria berkebangsaan Jerman tersebut, 33 tahun adalah umur yang paling pas untuk undur diri dari karir bermain.

"Saya percaya bahwa tahun 2023 sudah tepat, saya akan berusia 33 tahun pada saat itu," ujar Toni Kroos, yang baru-baru ini membuat pengumuman pensiun dari timnas, kepada Bild.

Video

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Diskusi Kontrak Baru

Namun rencana ini belum pasti terjadi. Ia masih membuka peluang untuk memperpanjang kontraknya di Real Madrid selama satu atau dua tahun lagi. Namun yang pastinya, ia bakalan pensiun di Santiago Bernabeu.

"Saya akan memutuskan apakah saya akan memperbaharui kontrak di Real Madrid selama satu atau dua musim, itu masih bisa didiskusikan, tapi saya benar-benar yakin bahwa saya bakalan pensiun di Real Madrid," lanjutnya.

Sebagai informasi, kontrak Kroos yang sekarang hanya berlaku sampai tahun 2023 mendatang. Pada saat itu usianya mencapai 33 tahun. Kalau memang berencana pensiun di umur segitu, ia tidak perlu repot-repot menandantangani kontrak baru.

Jika kejadian, maka Kroos bisa mendapatkan keistimewaan yang bahkan tidak dimiliki sosok legenda klub seperti Sergio Ramos, Iker Cassilas, hingga Raul Gonzalez sekalipun. Mereka semua menghabiskan karirnya di klub lain meski punya jasa besar terhadap Real Madrid.

Sumber asli: Bild

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, Published 4/7/2021)

3 dari 3 halaman

Klasemen Akhir La Liga 2020-2021

Video Populer

Foto Populer