Sukses


11 Pemain Top Lulusan La Liga Spanyol: Tahun Fenomenal Lionel Messi dan Sergio Ramos

Bola.com, Jakarta - La Liga Spanyol musim ini ditinggal beberapa pemain top, dua di antaranya Lionel Messi dan Sergio Ramos. Menariknya, kedua pemain itu bergabung dengan Paris Saint-Germain secara gratis.

Messi mengakhiri karier gemilangnya di Barcelona selama 17 tahun. La Pulga 'terpaksa' mencari pelabuhan baru karena Barcelona terhalan aturan salary cap La Liga.

Sementara, Sergio Ramos menutup buku di Real Madrid setelah 16 tahun bergabung. 

La Liga sering dianggap sebagai satu di antara liga terbaik di dunia, dengan telah melihat banyaknya nama yang pergi dalam beberapa tahun terakhir.

Barcelona dan Real Madrid sama-sama berjuang secara finansial dan tim-tim dari seluruh Eropa telah mengambil keuntungan dari situasi ini.

Planet Football menyusun Starting Xl pemain yang telah meninggalkan La Liga dan bergabung dengan liga lain dalam empat tahun terakhir. Dengn catatan, tidak menyertakan pemain yang telah kembali ke Spanyol.

2 dari 13 halaman

Kiper: Keylor Navas

Navas mengangkat tiga trofi Liga Champions dengan status kiper utama Real Madrid. Pemain asal Kosta Rika itu digantikan oleh Thibaut Courtois pada 2018/2019 dan memutuskan untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain.

Dia telah mencatatkan 38 clean sheet dalam 80 penampilan untuk PSG hingga saat ini, membantu mereka memenangkan gelar Ligue 1 dan mencapai final Liga Champions 2020.

3 dari 13 halaman

Bek Kanan: Achraf Hakimi

Achraf Hakimi menghabiskan dua musim dengan status pinjaman di Borussia Dortmund sebelum bergabung dengan Inter Milan dalam kesepakatan senilai 36 juta poundsterling pada 2020.

Dia berkembang menjadi salah satu full-back dengan serangan terbaik di dunia, mencetak tujuh gol dan memberikan delapan assist lagi saat Inter memenangkan Scudetto pertama mereka sejak 2010.

4 dari 13 halaman

Bek Tengah: Raphael Varane

Varane menikmati masa 10 tahun yang sarat trofi bersama Real Madrid, memenangkan tiga gelar La Liga, satu Copa del Rey dan empat Liga Champions.

Bek tengah asal Prancis ini ingin mengejar tantangan baru dari Bernabeu dan telah bergabung dengan Manchester United musim panas 2021.

5 dari 13 halaman

Bek Tengah: Sergio Ramos

Sergio Ramos, satu di antara bek paling sukses dalam sejarah Real Madrid, meninggalkan klub pada akhir 2020/2021 menyusul perselisihan kontrak dengan Florentino Perez.

 

Pemain berusia 35 tahun itu akan membawa bakat dan pengalamannya ke Parc des Princes bersama PSG secara gratis. Menariknya, ia akan menjadi rekan setim Lionel Messi.

6 dari 13 halaman

Bek Kiri: Lucas Hernandez

Ada banyak bek kiri top. Lucas Digne tampil brilian untuk Everton, Sergio Reguillon dari Tottenham menunjukkan kualitasnya pada musim 2020/2021 dan Theo Hernandez adalah starter reguler di AC Milan.

Tapi Lucas Hernandez, kakak Theo, menurut Planet Football, layak mengisi line up ini. Pemain berusia 25 tahun itu membuat lebih dari 100 penampilan untuk Atletico Madrid sebelum bergabung dengan Bayern Munich pada 2019. Ia memenangkan tujuh gelar utama selama dua musim pertamanya di klub.

7 dari 13 halaman

Gelandang Bertahan: Rodri

Setelah menjadi andalan Villarreal dan Atletico Madrid, Rodri diidentifikasi oleh Manchester City sebagai penerus jangka panjang Fernandinho.

Pemain berusia 25 tahun itu bergabung dengan City dengan harga 62,8 juta poundsterling pada 2019 dan telah cocok dengan peran gelandang bertahan.

 

8 dari 13 halaman

Gelandang Serang: Mateo Kovacic

Setelah gagal menggeser trio lini tengah ikonik Real Madrid dari Casemiro, Toni Kroos dan Luka Modric, Kovacic menyelesaikan kepindahan permanen ke Chelsea pada 2019.

Pemain Timnas Kroasia itu akhirnya tampil konsisten di Stamford Bridge dan diganjar penghargaan pemain terbaik Chelsea pada Agustus 2020.

Dia tetap menjadi pemain kunci di bawah Thomas Tuchel dan membantu The Blues memenangkan Liga Champions dan Piala Super pada 2021.

9 dari 13 halaman

Gelandang Serang: Andres Iniesta

Andres Iniesta berada di masa senja kariernya ketika dia memutuskan untuk meninggalkan Barcelona pada tahun 2018.

Dia memenangkan 32 trofi utama di Barcelona, termasuk sembilan gelar La Liga, dan tidak diragukan lagi menjadi satu di antara gelandang terhebat di generasinya.

Pemain berusia 37 tahun itu baru-baru ini menandatangani kontrak baru berdurasi dua tahun dengan tim Jepang.

10 dari 13 halaman

Penyerang Sayap Kanan: Lionel Messi

Messi membuktikan dirinya sebagai representasi La Liga selama bertahun-tahun. Bersama Barcelona, Messi memenangkan 10 gelar liga dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa.

Tetapi Barcelona harus melepaskan pemenang Ballon d'Or enam kali itu pada akhir 2020/2021 karena pembatasan keuangan yang diberlakukan oleh La Liga.

Kekalahan La Liga telah menjadi keuntungan Ligue 1 ketika pemain berusia 34 tahun itu bergabung dengan PSG dengan status bebas transfer, di mana ia sekarang akan bergabung dengan musuh bebuyutan lama Sergio Ramos. 

11 dari 13 halaman

Striker: Cristiano Ronaldo

Setelah mencetak 311 gol dalam 292 penampilan di La Liga, Cristiano Ronaldo mengakhiri hubungan sembilan tahunnya dengan Real Madrid pada musim panas 2018. 

Setelah bergabung dengan Juventus, Ronaldo belum kembali mengangkat trofi Liga Campions. Ia pun dirumorkan kembali ke Real Madrid. Namun, CR7 menampik. Ia menyatakan komitmennya di Juventus.

12 dari 13 halaman

Penyerang Sayap Kiri: Neymar

Neymar meninggalkan Barcelona dan bergabung dengan PSG pada tahun 2017, menjadi pemain termahal di dunia dalam prosesnya.

Dia belum mendapatkan Ballon d'Or tetapi telah menghasilkan momen apik secara reguler untuk PSG, mencetak 87 gol dalam 116 penampilan pada saat penulisan.

13 dari 13 halaman

Pemain Cadangan

Kepa, Joao Cancelo, Aymeric Laporte, Thomas Partey, Fabian Ruiz, Diogo Jota, Ferran Torres.

Video Populer

Foto Populer