Sukses


Liga Spanyol: Bisa Apa Luuk de Jong di Barcelona? Yakin Bakal Sehebat Luis Suarez? Kayaknya Sih...

Bola.com, Jakarta - Barcelona resmi mengumumkan Luuk de Jong sebagai pemain barunya pada musim 2021-2022. Striker 31 tahun itu datang ke Camp Nou dengan status pinjaman dari Sevilla FC. Kok bisa klub sekelas Barcelona menggaet penyerang yang kualitasnya biasa-biasa saja.

Keputusan mendatangkan Luuk de Jong dilakukan darurat setelah Barcelona resmi melepas Antoine Griezmann ke Atletico Madrid. Dari sisi reputasi keduanya bak bumi dengan langit.

"FC Barcelona dan Sevilla FC telah mencapai kesepakatan untuk peminjaman Luuk de Jong hingga 30 Juni 2022. Klub akan membayar gaji pemain dan opsi untuk membuat kesepakatan permanen," tulis situs resmi klub.

Sehebat apa sih Luuk de Jong sehingga Ronald Koeman berani pasang badan ke manajemen Barcelona buat mendatangkannya?

Dari sisi usia, jelas ia sudah terhitung gaek. Walau memang kemampuannya belum bisa dibilang habis, ia masih bersaing di top level walau kariernya biasa-biasa saja.

Lahir di Swiss pada 27 Agustus 1990, Luuk de Jong adalah bagian dari skuad Belanda di Euro 2020 lalu.

De Jong punya karier bagus bersama PSV. Lalu, pada awal musim 2019/2020, De Jong pindah ke Sevilla dengan harga 12,5 juta euro.

Karier De Jong di Sevilla tidak cukup bagus, jika dilihat dari jumlah gol. Dua musim di Sevilla, De Jong hanya mencetak 10 gol dari 69 pertandingan di La Liga. Jumlah golnya bahkan tidak lebih baik dari Griezmann.

 

2 dari 3 halaman

Cuma Mencetak 10 Gol

Catatan gol De Jong di La Liga tak bisa dibilang spesial. Tapi Ronald Koeman sudah amat mengenal dirinya.

Saat Koeman menjadi pelatih Timnas Belanda, De Jong adalah bagian penting dari skuad andalam Koeman. Dari 20 laga yang dijalani Koeman bersama De Oranje, De Jong ambil bagian pada 10 laga.

De Jong adalah tipe penyerang yang memang dibutuhkan Koeman. Barcelona belum punya target man yang unggul dari aspek fisik. Martin Braithawite dan Sergio Aguero dipandang tak ideal mengisi posisi yang ditinggalkan Luis Suarez musim lalu.

De Jong akan memainkan peran sebagai penyerang tengah. Dia melengkapi trisula yang melibatkan Memphis Depay dan Ansu Fati di lini depan.

Namun, pertanyaannya bisakah seorang De Jong menjalankan peran tersebut? Tampil di Sevilla sebanyak 69 laga, ia hanya mengoleksi 10 gol!

Bandingkan dengan seorang Luis Suarez saat membela Catalan. Total ia mencetak 151 gol dari 191 pertandingan pada periode 2014-2020. Tugas berat menantinya.

Waktu yang akan menjawab apakah pilihan Barcelona mendatangkannya tepat, atau sebaliknya.

Sumber: Berbagai sumber

3 dari 3 halaman

Klasemen Akhir La Liga 2020-2021

Video Populer

Foto Populer