Sukses


Liga Spanyol: Luis Suarez Sarankan Xavi Tolak Tawaran Latih Barcelona

Bola.com, Jakarta - Isu soal pergantian pelatih di Barcelona sedang ramai dibicarakan belakangan ini. Beberapa laporan berkata kalau Xavi Hernandez sudah masuk dalam daftar pelatih yang dipertimbangkan sang presiden, Joan Laporta.

Ketika diangkat sebagai presiden klub untuk menggantikan Josep Maria Bartomeu, Laporta sempat menyatakan ingin mengganti Koeman dengan pelatih pilihannya. Ia merasa Koeman bukan sosok yang tepat untuk membawa klub kembali berjaya.

Namun pada akhirnya, krisis finansial menjadi penghalang dirinya memecat Koeman. Ia pun mengurungkan niat dan belakangan kerap menyatakan dukungannya pada pelatih berdarah Belanda tersebut.

Sayang, dukungan Laporta tidak dibalas dengan performa apik. Barcelona hanya mampu meraih satu kemenangan dari lima laga terakhir, di mana hasil 0-3 saat melawan Benfica baru-baru ini menjadi kekalahan terbarunya.

2 dari 4 halaman

Xavi Favorit

Rentetan hasil buruk tersebut bisa berlanjut ke akhir pekan ini. Sebab Barcelona akan menghadapi juara bertahan La Liga musim lalu, Atletico Madrid, pada Minggu (3/10/2021) dini hari nanti.

Mumpung setelahnya ada pekan internasional, ini adalah momen yang tepat kalau klub ingin melakukan pergantian pelatih. Beberapa nama pun disebut-sebut telah masuk ke dalam daftar pilihan Laporta untuk menggantikan Koeman.

Mantan pelatih Juventus, Andrea Pirlo, digadang-gadang sebagai calon terkuat bersama Marcelo Gallardo. Dalam daftar tersebut juga ada nama Xavi, yang saat ini masih menjabat sebagai pelatih Al Sadd.

Nama Xavi sudah dikait-kaitkan dengan Barcelona sejak masih dipegang Bartomeu untuk menggantikan Ernesto Valverde dan Quique Setien. Tapi Xavi dikabarkan menolak karena masih ingin merintis karier di Qatar.

3 dari 4 halaman

Dilarang Luis Suarez

Kondisi buruk yang sedang dialami Barcelona mungkin bisa meyakinkan Xavi untuk memangkas masa jabatannya di Al Sadd. Bagaimanapun juga, Barcelona adalah klub yang berjasa membuat namanya berkibar di kancah sepak bola.

Namun Xavi diminta untuk tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan oleh eks Barcelona lainnya, Luis Suarez. Pemain yang kini memperkuat Atletico Madrid itu mengatakan kalau perang sedang terjadi di internal klub saat ini.

"Di Barca sedang ada perang yang menyakiti para pemain. Saya secara personal merekomendasikan Xavi menunggu. Ini bukan waktu yang ideal untuk masuk ke dalam klub. Dia cerdas, dia harus menunggu momennya," katanya kepada Sport.

Mantan pelatih Barcelona, Luis Enrique, juga disebut-sebut masuk dalam daftar Laporta. Namun pria yang kini melatih Timnas Spanyol tersebut berusaha menjaga jarak dengan mereka saat ini.

"Saya pikir Laporta tidak memiliki nomor telepon saya. Saya takkan meninggalkan Timnas Spanyol. Saya punya kontrak di sini selama mereka mau dan saya akan menghormati itu," ucap Luis Enrique.

Sumber: Sport - via Metro.co.uk

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, Published 02/10/2021)

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Barcelona Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer