Sukses


Liga Spanyol: 8 Rekor dan Statistik Luar Biasa Dani Alves pada Periode Pertama di Barcelona

Bola.com, Jakarta - Bek kanan terbaik Barcelona, Dani Alves, kembali ke Camp Nou. Pemain asal Brasil itu kembali ke klub Catalan itu dengan status bebas transfer setelah lima tahun pergi dan kini akan bermain di bawah arahan mantan rekan setimnya, Xavi Hernandez, yang menjadi pelatih.

Memegang status sebagai bek kanan terbaik yang pernah ada di skuad Barcelona, masa-masa Dani Alves di klub merupakan periode paling sukses dalam sejarah klub Catalan itu.

Bahkan Dani Alves mampu membuat begitu banyak catatan dan rekor yang benar-benar luar biasa selama periode pertamanya bermain bersama Barcelona.

Masih mampu menampilkan performa terbaik pada usia 38 tahun dan mengincar tempat di skuad Brasil untuk Piala Dunia 2022 di Qatar, akan menyenangkan melihat bagaimana bek kanan veteran itu akan memperlihatkan penampilannya dalam periode kedua di Barcelona.

Namun, sebelum itu, mari lihat dulu delapan rekor dan statistik terbaik yang dicatatkan Dani Alves pada periode pertamanya bersama Barcelona.

2 dari 2 halaman

Catatan dan Rekor Dani Alves di Barcelona

  1. Selama delapan tahun di Barcelona, Dani Alves mampu meraih 6 juara La Liga, 4 kali meraih trofi Copa del Rey, 4 kali juara Piala Super Spanyol, 3 trofi Liga Champions, 3 kali juara Piala Super Eropa, dan 3 kali juara Piala Dunia Antarklub.
  2. Dengan catatan tersebut, Dani Alves tercatat rata-rata mendapatkan 2,8 trofi juara dalam satu musim, meraih trofi juara setiap 17 laga di Barcelona.
  3. Trofi-trofi lain yang diraihnya bersama Timnas Brasil, Bahia, PSG, Juventus, Sevilla, dan Sao Paolo membuatnya menjadi pemain paling berprestasi dalam sejarah sepak bola. Ia meraih 46 trofi juara dan setengah di antaranya diraih bersama Barcelona.
  4. Dari total 672 gol yang dicetak Lionel Messi, 43 di antaranya lahir karena assist yang diberikan oleh Dani Alves. Catatan itu menjadikan dirinya sebagai pemain nomor tiga terbanyak memberikan assist kepada Messi, di belakang Andres Iniesta dan Luis Suarez.
  5. Dani Alves rata-rata tampil dalam 30 penampilan La Liga dan 48 laga di semua kompetisi dalam satu musim di Barcelona.
  6. Pemain asal Brasil itu berada di peringkat ke-13 sebagai penampil terbanyak bersama Barcelona. Lionel Messi menjadi satu-satunya pemain asing yang tampil lebih sering.
  7. Rekrutan pertama Pep Guardiola di Barcelona adalah Dani Alves. Dalam usia 38 tahun, ia juga menjadi rekrutan pertama Xavi Hernandez.
  8. Dalam 208 penampilan di bawah asuhan Pep Guardiola, Dani Alves mampu mencatat 68 assist dan 15 gol. Performa itu mencatatkan kontribusi gol dalam setiap 214 menit untuk seorang bek kanan. Sebagai bahan perbandingan, bek kanan Liverpool, Trent Alexander-Arnold rata-rata mencetak gol atau assist dalam setiap 255 menit di bawah asuhan Jurgen Klopp.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer