Sukses


Liga Spanyol : Beruntung Barcelona Krisis Keuangan yang Membuat Lionel Messi dan Antoine Griezmann Hilang, Lho Kok Gitu ?

Bola.com, Jakarta - Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez memberikan sinyal ekspresi wajah yang tak jelas, apakah marah atau senang. Hal itu terjadi setelah Barcelona hanya menuai hasil imbang 2-2 kala melawat ke markas Osasuna, Desember tahun lalu.

Dua sisi yang tergambar dari wajah Xavi, dengan ragam alasan. Kalau terkait wajah muram, sudah pasti karena kehilangan dua angka. Padahal, kala itu Barcelona sangat membutuhkan poin penuh agar bisa merangkak ke papan atas.

Nah, kalau urusan yang berhubungan dengan kegembiraan, bisa jadi datang dari penampilan tiga anak muda yang tampil menawan. Dua di antaranya sudah pasti muncul karena menjadi pencetak gol, yakni Nico Gonzalez dan Abde Ezzalzouli.

Aksi dua anak muda ini di El Sadar membuat seluruh mata terbuka lebar. Tak berdua, ada satu lagi yang menyentil para kritikus yang menyebut Barcelona lupa regenerasi, yakni Gavi.

Nama terakhir menjadi atensi karena sudah menjadi anggota Timnas Spanyol U-17, plus masuk ke tim utama Barcelona. Di kemudian hari, Xavi menyebut kalau ketiganya 'extraordinary'.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Siapa Mereka

Kini, sebagian jurnalis dan pengamat sepak bola di Spanyol mulai menyebut Barcelona sebagai pemupuk bakat. Mereka memrediksi, generasi emas Barcelona akan lahir kembali, sama seperti ketika mereka memiliki Xavi, Lionel Messi, Andres Iniesta, Gerard Pique sampai Carles Puyol.

Kini, jejak tersebut sudah mulai terlihat, meski masih butuh waktu untuk mematangkan permainan mereka. Pengamat Liga Spanyol, Alejandro Moreno, dalam perbincangan di ESPN menegaskan, beberapa nama sudah pasti akan menjadi poros kekuatan baru menuju generasi emas Barcelona.

Selain Nico, Abde dan Gavi, masih ada nama-nama seperti Ansu Fati, Ronald Araujo sampai Pedri. Kondisi ini muncul sebagai bukti dari keberuntungan Barcelona ketika tim raksasa ini mendapat kendala krisis keuangan yang parah.

Bagaimana tidak, gara-gara masalah finansial itu, Lionel Messi dan Antoine Griezmann tak bisa lagi berada di Camp Nou. Kini, benefit kondisi miris itu justru muncul, terutama karena ada delapan pemain dari tim Barcelona B atau U-19 yang telah merasakan debut di Liga Spanyol musim ini.

Delapan nama itu di luar Ansu, Araujo dan Pedri, yang memang sudah berhasil menempatkan diri sebagai poros di tim utama. Statistik menunjukkan, ada 10 pemain remaja yang sudah mencetak gol di panggung Liga Spanyol 2021/2022, dan lima di antaranya berasal dari Barcelona. Mereka adalah Gavi, Ansu, Pedri, Nico dan Abde.

 

3 dari 3 halaman

Bakal Dominan

Kini, lima nama tersebut, ditambah Araujo, seolah menjadi bagian dari persiapan Xavi menciptakan generasi emas yang baru. Barcelonistas juga seolah tak sabar ingin melihat Gavi dkk semakin dewasa, dan menghiasi lapangan dengan permainan atraktif.

Sekadar informasi, Nico melakoni debut pada 15 Agustus 2021 ketika Barcelona menemuk Real Sociedad dengan skor 4-2. Lalu Gavi atau Pablo Martin Paez Gavira menikmati debut ketika berusia 17 tahun pada 29 Agustus 2021, dan hasilnya Barcelona unggul 2-1 atas Getage.

Nama Ansu Fati memang sudah mencuat dalam dua tahun terakhir. Ia mendapat kesempatan pertama merumput pada 25 Agustus 2019, ketika Barcelona melibas Real Betis dengan skor 5-2.

Abde menjadi 'adik' termuda untuk urusan debut. Sang striker berdarah Maroko ini mendapat kesempatan tampil pertama bareng tim senior Barcelona pada 30 Oktober 2021.

Lalu, bek yang sedang menjadi sorotan, Ronald Araujo sudah menikmati kesan pertama bareng tim utama pada 6 Oktober 2019, yakni ketik Barcelona membungkam Sevilla dengan skor 4-0.

Terakhir, Pedri Gonzalez, baru merasakan debut pada 27 September 2020. Ketika itu, gelandang berusia 19 tahun ini mengiringi keberhasilan Barcelona membekap Villarreal dengan skor 4-0.

Video Populer

Foto Populer