Sukses


Liga Spanyol: Koeman Curigai Motif Tersembunyi Barcelona di Balik Kepergian Messi, Kok Langsung Bisa Beli Ferran Torres?

Bola.com, Amsterdam - Mantan pelatih Barcelona, Ronald Koeman, mencurigai motif Barcelona di balik kepergian Lionel Messi pada musim panas 2021. Dia heran karena tidak lama setelah kepergian Messi, Barca bisa memboyong Kieran Tottes dari Man City dengan harga yang tidak murah. 

Ronald Koeman dipecat Barcelona pada awal musim ini. Klub raksasa Liga Spanyol itu kemudian mendapuk Xavi Hernandez sebagai pengganti Koeman.

Messi kesulitan menemukan performa terbaiknya di Paris Saint-Germain (PSG) sejak pergi dari Camp Nou. Blaugrana menyatakan tidak dapat memperbarui kontrak Messi di Camp Nou karena peraturan gaji yang diberlakukan La Liga.

Barca mengutip hambatan ekonomi yang diberlakukan La Liga sebagai alasan keluarnya superstar Argentina itu, sebelum serangkaian pemain tim utama berkomitmen untuk pemotongan gaji.

Semua itu dikombinasikan dengan kedatangan Sergio Aguero, Eric Garcia dan Memphis Depay secara gratis pada jendela transfer yang sama. 

Wakil Presiden Barcelona Bidang Ekonomi, Eduard Romeu, kemudian mengkonfirmasi bahwa proposal investasi CVC liga memungkinkan bisa membuat Barcelona mengikat Messi dengan kontrak baru. Namun, Barca memilih tidak melakukannya.

Presiden La Liga Javier Tebas juga selalu menyatakan Barcelona memiliki kapasitas ekonomi untuk memperbarui kontrak Messi, sesuatu yang terus diributkan klub. 

Lalu, seperti apa komentar Ronald Koeman terkait peristiwa kepergian Lionel Messi dari Barcelona itu? 

 

2 dari 4 halaman

Mengapa Messi Harus Pergi?

Keheranan Ronald Koeman makin menjadi-jadi karena pada bursa transfer Januari Barcelona memboyong Pierre-Emerick Aubameyang, Dani Alves, Adama Traore, dan Ferran Torres. Pelatih asal Belanda itu kemudian mempertanyakan motif Barca, karena menilai klub tersebut kemampuan untuk memperpanjang kontrak Messi.

"Atas desakan manajemen klub saya menyetujui kepergian beberapa pemain untuk mengatur keuangan," kata Koeman kepada Koeman kepada surat kabar Belanda Algemeen Dagblad, seperti dikutip Marca, Jumat (4/3/2022).  

"Tapi kemudian ketika Anda melihat mereka pergi dan merekrut pemain seharga 55 juta euro (Torres) tak lama setelah melepas Lionel Messi."

"Kemudian Anda akan bertanya-tanya apakah tidak ada hal lain yang terjadi. Mengapa Messi harus pergi?" imbuh Koeman. 

  

 

3 dari 4 halaman

Alasan Pemecatan Ronald Koeman

Koeman dipecat Barcelona pada akhir Oktober 2021, menyusul kekalahan memalukan di Liga Spanyol melawan Real Madrid dan Rayo Vallecano, yang menjadi lanjutan awal musim yang lambat.

Mantan kapten Barca, Xavi, ditunjuk sebagai penggantinya pada November. Sejak itu Xavi berhasil menstabilkan kondisi Barca. Klub raksasa Catalan itu kembali ke empat besar di La Liga dan lolos ke babak 16 besar di Liga Europa.

Bagi Koeman, ini kali pertama dirinya berbicara di depan umum sejak kepergiannya dari Camp Nou. Dia langsung buka suara atas peristiwa yang menyebabkan keluarnya Messi.

Sumber: Marca 

 

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer