Sukses


Resmi! Pierre-Emerick Aubameyang Pensiun dari Timnas Gabon

Bola.com, Barcelona - Bintang Barcelona, Pierre-Emerick Aubameyang, mengambil keputusan mengejutkan. Dia memutuskan pensiun dari sepak bola internasional alias tidak akan lagi memperkuat Timnas Gabon. 

Pierre-Emerick Aubameyang lahir di tahun 1989 dengan berkewarganegaraan ganda, alias kini berusia 32 tahun. Ia lahir di Laval, Prancis, dan memiliki darah Gabon yang turun dari sang ayah, Pierre Aubameyang.

Selain itu, Aubameyang juga memiliki keturunan Italia dan Spanyol.

Ketika masih di level muda, ia mencatatkan debutnya bersama Timnas Prancis U-21 untuk melakoni laga persahabatan kontra Tunisia U-21. Meskipun bisa bermain buat negara Eropa, Aubameyang memilih Gabon karena sang ayah.

Pierre-Emerick Aubameyang menjatuhkan pilihannya kepada Gabon karena sang ayah pernah menjadi kapten timnas di sana. Sejak melakoni laga debutnya di level tim senior pada tahun 2009 lalu, ia sudah menghasilkan 30 gol dari 72 penampilan.

 

2 dari 5 halaman

Surat Terbuka Aubameyang

Setelah 13 tahun, 10 tahun di antaranya dilakoni sebagai kapten tim, Aubameyang memutuskan untuk gantung sepatu dari level internasional. Keputusan tersebut diumumkan melalui sebuah surat terbuka untuk fans Gabon.

"Setelah 13 tahun dengan rasa bangga mewakili negara, saya mengumumkan bahwa saya telah menutup karier internasional saya," tulis Aubameyang dalam surat terbukanya, seperti yang dikutip Goal International, Kamis (19/5/2022). 

"Saya ingin berterima kasih kepada orang-orang Gabon dan semuanya yang telah memberikan dukungan dalam momen baik dan buruk. Saya akan menyimpan kenangan baik seperti ketika saya menjalani debut di romnisports, atau hari di mana saya kembali dari Nigeria dengan African Ballon d'Or."

 

3 dari 5 halaman

Terima Kasih untuk Sang Ayah

Tidak lupa, dalam surat terbuka tersebut, Aubameyang mengucapkan rasa terima kasihnya buat semua orang yang terlibat dalam karier internasionalnya. Termasuk sang ayah yang membuatnya yakin memperkuat Timnas Gabon.

"Saya ingin berterima kasih kepada Presiden kami, Yang Mulia Ali Bongo Ondimba yang selalu mendukung the Panthers dan selalu bekerja untuk evolusi sepak bola di negara kami."

"Saya juga ingin berterima kasih kepada semua pelatih saya, staf, dan pemain yang saya temui selama karier ini. Terakhir, saya ingin berterima kasih kepada ayah yang memberikan hasrat untuk bisa menjadi seperti dia, berharap telah membuat dia bangga dengan mengenakan warna kami," pungkasnya.

 

4 dari 5 halaman

Pemain Pernah Bela Lebih dari Satu Negara

Ada banyak pemain sepak bola pernah tidak hanya bermain untuk satu negara saja, seperti Aubameyang. Adanya status kewarganegaraan ganda ikut menjadi faktor pemain berpindah dari Timnas satu ke Timnas lainnya.

Terbaru adalah sosok Wilfried Zaha saat menghadapi Inggris untuk pertama kalinya dalam kunjungan Pantai Gading ke Wembley, Selasa (29/3/2022). Sebelumnya, Zaha punya dua caps bersama Timnas Inggris sebelum pindah kewarganegaraan.

Sepanjang sejarahnya, sudah banyak pemain beken dunia yang pernah berganti kewarganegaraan. Sempat membela negara tanah kelahirannya, kemudian bermain untuk negara lain lantaran adanya keturunan darah.

Itu terjadi karena apakah itu melalui kewarganegaraan ganda atau warisan keluarga, pemain telah diizinkan untuk berganti tim berkat buku peraturan yang berkembang, terutama jika mereka hanya mewakili sebuah negara saat kelompok usia.

Nama pemain legendaris Real Madrid, Alfredo Di Stefano pernah dikenal sebagai pemain yang pernah bermain untuk Argentina dan juga Spanyol. 

Sumber: Goal Internasional 

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Barcelona

Video Populer

Foto Populer