Sukses


Liga Spanyol: Mbappe Batal ke Real Madrid, Presiden La Liga Ngadu ke UEFA

Bola.com, Jakarta - Presiden La Liga, Javier Tebas, mengatakan bahwa pihaknya akan mengirimkan keluhan resminya ke UEFA dalam satu atau dua hari ke depan mengenai kontrak baru Kylian Mbappe di Paris Saint-Germain.

Tebas mengklaim bahwa "tidak mungkin tidak ada kecurangan", mengacu pada aturan Financial Fair Play (FFP), dan bahwa La Liga "tidak akan membiarkan klub Eropa menghancurkan ekosistem sepak bola Eropa."

Mbappe menolak Real Madrid untuk menandatangani kontrak baru berdurasi tiga tahun di PSG pekan lalu, mendorong Tebas untuk mengatakan kesepakatan itu adalah penghinaan terhadap sepak bola mengingat kerugian finansial klub Prancis tersebut.

Dengan segala data dan bukti yang telah dikumpulkan, Javier Tebas, mewakili La Liga, akan bersurat pada UEFA mengenai adanya kemungkinan kecurangan yang dilakukan PSG terkait saga transfer Kylian Mbappe.

 

2 dari 5 halaman

Kerugian Meningkat

PSG menderita kerugian 224,3 juta euro pada 2020/2021, meningkat 80 persen dari tahun sebelumnya. Tebas meminta UEFA menyelidiki temuan ini.

Semuanya telah disiapkan dan Tebas akan mengirimkan surat resmi dalam tempo dua hari.

"Pengaduan yang akan kami sampaikan ke UEFA sudah disusun dan dalam tahap peninjauan," kata Tebas dinukil dari France24.

 

3 dari 5 halaman

Apa Masalahnya?

Tebas merasa kalau langkah La Liga memperkenalkan sistem pembatasan pengeluaran yang ketat pada tahun 2013, yang mencakup anggaran yang dikenakan pada setiap klub Spanyol tergantung pada situasi keuangan mereka, dinodai oleh segelintir pihak.

"Kami tidak akan membiarkan klub Eropa merusak ekosistem sepak bola Eropa," kata Tebas.

“Jauh di lubuk hati, tidak masalah bagi kita siapa pemiliknya, apakah itu dipegang suatu negara atau tidak, masalahnya adalah sikap pemiliknya karena tidak ada batasan, seakan-akan kerugian tidak masalah. Mereka curang dengan sponsor yang dipegang oleh suatu negara."

 

4 dari 5 halaman

Urus Saja Liga Sendiri

Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengatakan dalam sebuah wawancara dengan AFP di Paris pada hari Jumat bahwa ia menolak kritik La Liga terhadap kesepakatan baru Mbappe.

"Saya sama sekali tidak setuju. Ada terlalu banyak sesuatu yang salah dalam sepak bola, dan saya pikir setiap liga harus mengkhawatirkan situasi mereka sendiri," kata Ceferin.

"Saya kira tidak tepat satu liga mengkritik liga lain. Setahu saya, tawaran dari Real untuk Mbappe mirip dengan tawaran PSG," tambah Ceferin.

Sumber: France24/AFP

5 dari 5 halaman

Real Madrid Juara Liga Spanyol

Video Populer

Foto Populer