Sukses


Liga Spanyol: 5 Fakta Raphinha, Bintang Anyar Barcelona yang Cetak Gol Indah ke Gawang Real Madrid

Bola.com, Jakarta - Raphinha mencuri perhatian saat Barcelona bersua Real Madrid pada laga pramusim, Minggu (24/7/2022) pagi WIB. Winger Timnas Brasil itu mencetak gol indah ke gawang Mandrid dan membawa Barca menang.

Menjalani laga di Allegiant Stadium, Las Vegas, Raphinha dipercaya tampil sejak menit awal. Dia menempati pos winger kanan dalam formasi 4-3-3 racikan pelatih Barcelona, Xavi Hernandez.

Saat laga berjalan 27 menit, Raphinha berhasil membobol gawang Real Madrid. Memanfaatkan kesalahan Eder Militao dalam mengirimkan umpan, bola mengarah ke Raphinha.

Dengan tenang, mantan pemain Leeds United itu menjaringkan bola ke dalam gawang El Real dengan sepakan kaki kiri. Sampai laga berakhir, skor 1-0 untuk kemenangan Barcelona tetap bertahan,

Bagi Raphinha, ini adalah golnya yang kedua bersama Blaugrana pada pramusim. Sebelumnya, dia berhasil mencetak satu gol ketika Barca menang 6-0 atas Inter Miami, 20 Juli lalu.

Lantas, siapa Raphinha yang bakal menjadi andalan Barcelona pada musim 2022/2023? Berikut ini adalah lima fakta mengenai pemain berusia 25 tahun tersebut.

 

2 dari 8 halaman

Karier Raphinha

Winger bernama lengkap Raphael Dias Belloli itu merupakan pemain kelahiran Porto Alegre, Brasil. Karier sepak bolanya dimulai bersama Avai FC, klub yang berbasis di Florianopolis, Santa Catarina.

Namun, pada 2016, Raphinha hijrah ke Portugal dan membela Vitoria de Guimaraes. Dia langsung menjadi andalan klub tersebut selama dua musim hingga 2018.

Dari Guimaraes, Raphinha kemudian pindah ke Sporting Lisbon. Akan tetapi, dia hanya setahun membela klub masa kecil Cristiano Ronaldo tersebut.

 

3 dari 8 halaman

Nyaris Bela Timnas Italia

Raphinha merupakan pemain Timnas Brasil. Dia menjalani debut bersama Selecao pada 8 Oktober 2021 dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Venezuela.

Raphinha bahkan langsung menyumbang dua assist pada laga tersebut. Total, dia sudah tampil sebanyak sembilan caps bersama Timnas Brasil termasuk dalam dua pertandingan persahabatan.

Namun pada 2020, Raphinha mendapat tawaran untuk membela Timnas Italia. Mengingat dia juga memilki paspor dari negara yang identik dengan Pizza tersebut.

 

4 dari 8 halaman

Koleksi Dua Gelar

Raphinha juga pernah merasakan gelar juara ketika berkarier di Portugal. Prestasi tersebut diraih bersama Sporting Lisbon pada musim 2018/2019.

Tak tanggung-tanggung, sebanyak dua gelar berhasil direngkuh bersama Sporting, yakni juara Piala Portugal dan Piala Liga Portugal musim 2018/2019.

Bersama Sporting Lisbon, Raphinha tampil sebanyak 41 kali. Dia juga menyumbang 9 gol dan 5 assist pada musim 2018/2019 dan 2019/2020.

 

5 dari 8 halaman

Sempat Berkarier di Prancis

Setelah membela Sporting Lisbon dan meraih dua gelar, Raphinha kemudian berkarier di Prancis. Dia bergabung dengan Rennes pada musim panas 2019.

Akan tetapi, Raphinha hanya semusim membela kontestan Ligue 1 tersebut. Dia kemudian memilih hijrah ke Inggris dan bergabung dengan Leeds United pada Oktober 2020.

Bersama Rennes, pemain asal Brasil itu tampil 36 kali di semua ajang. Dia menyumbang 8 gol dan 7 assist.

 

6 dari 8 halaman

Nilai Pasar Melonjak

Sejak bergabung dengan Leeds United, nilai pasar Raphinha terus meningkat. Per tanggal 15 Juni 2022, dia punya market value sebesar 45 juta euro.

Padahal, pada 13 Oktober 2020, angkanya masih di kisaran 18 juta euro. Artinya, nilai pasar eks pemain Sporting Lisbon tersebut meningkat lebih 25 juta euro dalam dua tahun terakhir.

Tak heran, Barcelona harus merogoh kocek cukup dalam untuk mendatangkannya. El Barca dikabarkan mengeluarkan dana 58 juta euro untuk mendapatkan jasa Raphinha.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Mustopa El Abdy/Asad Arifin/Published: 25/07/2022)

7 dari 8 halaman

Simak Gol Indah Raphinha ke Gawang Real Madrid:

8 dari 8 halaman

Simak Daftar Klub La Liga 2022/2023

Video Populer

Foto Populer