Sukses


Rencana Barcelona Supaya Bisa Mendaftarkan Penggawa Baru: Potong Gaji Hingga Jual Pemain

Bola.com, Jakarta - Raksasa Spanyol, Barcelona melakukan manuver dengan mampu mendatangkan sejumlah pemain berkualitas pada bursa transfer musim panas tahun ini. Padahal, Barca masih terlilit utang yang menggunung.

Persoalan finansial Barcelona sudah jadi topik pembicaraan hangat dalam setahun terakhir. Era kepresidenan Josep Maria Bartomeu meninggalkan utang yang begitu besar.

Tahun lalu, Joan Laporta selaku presiden baru mengatakan utang Los Cules mencapai total 1,3 miliar euro (Rp 19 triliun). Angka tersebut tentu sangat besar, bahkan untuk tim top dunia selevel Barca.

Musim panas ini Barca sudah merekrut beberapa pemain berkualitas. Franck Kessie dan Andreas Christensen didatangkan dengan status free transfer, masih masuk akal.

Masalahnya, Barcelona juga mewujudkan pembelian lainnya. Mereka membayar mahal untuk mendatangkan Raphinha dari Leeds United dan Robert Lewandowski dari Bayern Munchen.

Total pembelian dua pemain itu mencapai 100 juta euro (Rp 1,5 miliar), tentu angka yang cukup besar. Masalahnya, pada saat yang sama Barcelona meminta para pemain menerima pemotongan gaji.

2 dari 5 halaman

Rencana Barcelona

Manuver yang dilakukan Barcelona tentu membuat banyak pihak bertanya-tanya. Terutama adalah bagaimana cara Barca untuk bisa mendaftarkan pemainnya musim 2022/2023.

Namun Barcelona tidak kalah akal dan memiliki rencana untuk dapat mendaftarkan semua pemain baru mereka. Dilansir dari Marca, caranya adalah wajib mengumpulkan dana jika mereka ingin benar-benar dapat menurunkan pemain baru mereka, termasuk Raphinha dan Robert Lewandowski.

Bukan tugas yang mudah untuk mematuhi peraturan keuangan, tetapi klub Catalan yakin mereka akan dapat membuatnya bekerja. Menjual, meminjamkan, dan memotong gaji pemain adalah cara yang akan dilakukan tim Catalan.

3 dari 5 halaman

Jual Memphis Depay dan Frenkie de Jong

Ada pemain yang tidak ada dalam rencana Xavi, dan mereka akan pergi. Di sisi lain, ada pemain yang sudah terlibat pramusim tetapi sangat berpotensi dijual sebelum bursa transfer ditutup. Seperti Memphis Depay, yang bisa dikorbankan karena banyaknya opsi di lini serang.

Lalu ada kasus Frenkie de Jong, yang berbeda lagi. Gelandang Belanda itu diinginkan oleh Xavi, tetapi klub masih menunggak gajinya yang tinggi.

Jika buntu, Barcelona akan menjualnya ke klub lain. Apalagi Manchester United sangat menginginkan tanda tangan pemain asal Belanda itu.

4 dari 5 halaman

Sesuaikan Anggaran Gaji

Joan Laporta melakukan gebrakan demi memperbaiki finansial klub, seperti menjual hak siar adalah cara untuk menyelematkan kondisi keuangan Barcelona. Namun persoalan gaji juga masih menjadi hambatan.

Setidaknya ada 12 pemain dalam skuad Barcelona dengan gaji sangat tinggi. Barcelona akan melakukan cara demi menyesuaikan anggaran upah bagi para pemain yang menjadi beban.

Diyakini para pemain tersebut sepakat gajinya dipotong. Karena jika tidak, Barcelona akan memilih jalan segera menjualnya ke klub lain.

Sumber: Marca

5 dari 5 halaman

Intip Jejak Barcelona

Video Populer

Foto Populer