Sukses


Barcelona Paling Boros di Bursa Transfer Musim Panas 2022: Berkat Utang!

Bola.com, Jakarta - Banyak yang terheran-heran dengan manuver luar biasa agresif dari Barcelona di bursa transfer musim panas 2022. Dengan adanya kabar kesulitan finansial, Barcelona justru mendatangkan begitu banyak pemain, termasuk yang berstatus bintang.

Barcelona terbilang aktif di bursa transfer musim panas kali ini. Xavi tampaknya tidak lagi mau melihat timnya kesulitan mengimbangi ketangguhan Real Madrid di La Liga Spanyol.

Sejauh ini sudah ada lima pemain baru yang didatangkan oleh Barcelona. Franck Kessie dan Andreas Christensen datang dengan status bebas transfer, sementara Raphinha, Robert Lewandowski, dan Jules Kounde datang dengan biaya transfer yang tidak sedikit.

Menariknya, aktivitas Barcelona sejauh ini membuat mereka menjadi klub paling boros di bursa transfer musim panas 2022.

2 dari 6 halaman

Barcelona Paling Boros!

Kedatangan Jules Kounde meresmikan status Barcelona sebagai klub dengan pembelian paling besar pada musim panas ini. Biaya transfer tiga pemin baru Barcelona cukup besar.

Meski merekrut Franck Kessie dan Andreas Christensen dengan gratis, tetap saja pembelian Barcelona menajdi yang paling tinggi di Eropa.

Barcelona membayar Leeds United sebesar 58 juta euro plus add-on 9 juta euro untuk mendapatkan Raphinha. Kemudian Barcelona juga mengeluarkan 45 juta euro plus add-on 5 juta euro untuk Robert Lewandowski.

Teranyar, Barcelona membayar 50 juta euro plus add-on 10 juta euro untuk Jules Kounde. Jadi jika ditotal Barcelona menghabiskan 153 juta euro plus add-on mencapai 24 juta euro untuk ketiga pemain, yang totalnya bisa mencapai 177 juta euro.

Sementara itu, Barcelona belum banyak menjual pemain. Blaugrana baru mendapatkan 20 juta euro untuk penjualan Philippe Coutinho dan 3 juta euro untuk peminjaman Trincao.

 

3 dari 6 halaman

Berada di Puncak

Dengan total belanja tunai 153 juta euro, bahkan bisa mencapai 177 juta euro yang merupakan add-on, Barcelona resmi jadi klub paling boros di bursa transfer musim panas ini.

Bayern Munchen ada di posisi kedua setelah merekrut Sadio Mane, Matthijs de Ligt, Mathys Tel, dan Ryan Gravenberch (total 137 juta euro).

Selanjutnya, Arsenal mengekor dengan total belanja 132 juta euro dan Manchester City dengan 108 juta euro.

 

4 dari 6 halaman

Utang Bukan Masalah

Melihat Barcelona ada di puncak daftar tim belanja terbesar tentu mengundang tanda tanya besar. Dengan utang menumpuk, bisa belanja banyak pemain?

Jika diamati, strategi Barcelona dalam membayar utang musim panas ini patut diacungi jempol. Mereka menjual aset berupa hak siar dalam 25 tahun ke depan untuk mengatasi masalah sekarang dalam waktu instan.

Artinya, nama besar Barcelona menjadi jaminan. Para investor pun masih sangat percaya untuk memberikan dukungan kepada Barcelona.

 

 
5 dari 6 halaman

5 Klub dengan Belanjar Terbesar di Musim Panas 2022

  1. Barcelona | 153 juta euro
  2. Bayern Munchen | 137 juta euro
  3. Arsenal | 132 juta euro
  4. Manchester City | 108 juta euro
  5. Leeds United | 108 juta euro

Sumber: Bola, Sport, Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 31/7/2022)

6 dari 6 halaman

Barcelona Siap Bersaing?

Video Populer

Foto Populer