Sukses


Kisah Heroik Pemain Cadiz Bantu Selamatkan Suporter yang Kolaps: Kiper Jeremias Ledesma Lemparkan Alat Picu Jantung ke Tribune

Bola.com, Jakarta - Kiper Cadiz, Jeremias Ledesma, menjadi pahlawan setelah membantu seorang penonton yang pingsan di tribune dalam pertandingan melawan Barcelona di Estadio Nuevo Mirandilla, Sabtu (10/9/2022) malam.

Pertandingan dihentikan pada menit ke-82 saat dengan Barca memimpin 2-0 lewat gol Frenkie de Jong dan Robert Lewandowski. Para pemain menyadari ada seorang penonton manula yang kolaps. Pemain langsung memberi tahu wasit Carlos del Cerro untuk menghentikan pertandingan.

Ledesma langsung berlari mencari bantuan. Ia mengambil defibrillator atau alat pemicu jantung dari tim medis Cadiz.

Pemain Argentina itu kemudian berlari ke sudut lapangan dan melemparkan defibrillator ke tribune untuk digunakan oleh kru medis terdekat.

2 dari 5 halaman

2 yang Kolaps

Ledesma tampak sangat prihatin saat melihat apa yang terjadi. Pemandangan lain saat pertandingan itu dihentikan ialah, bek Barcelona, Ronald Araujo, berdoa untuk penonton tersebut.

Kiper Barca, Marc-Andre ter Stegen, juga terlihat duduk sambil menundukkan kepala.

Pemain kedua tim akhirnya dibawa ke ruang ganti. Pertandingan lalu dilanjutkan sekitar 60 menit kemudian. 

Menurut laporan media-media Spanyol yang disadur Metro, ada dua orang yang mengalami masalah kesehatan. Pertama adalah penonton yang sudah tua, yang kedua diyakini sebagai operator kamera, juga pingsan.

3 dari 5 halaman

Denyut Dadi Kembali

Presiden Cadiz, Manuel Vizcaino mengonfirmasi bahwa kedua orang itu dalam kondisi baik.

"Penggemar pertama yang pingsan telah memulihkan denyut nadinya dan tim medis membawanya ke rumah sakit. Dia bangkit, jatuh lagi, tetapi pada akhirnya mereka berhasil menstabilkannya,” jelas Vizcaino, yang juga menyebut orang yang kedua juga pulih.

Berbicara setelah pertandingan, pelatih Barcelona, Xavi, tak peduli dengan ditundanya pertandingan.

“Kehidupan manusia berada di atas sepak bola. Jika ada kemalangan, maka kami pasti akan menangguhkan pertandingan," katanya.

4 dari 5 halaman

Pujian untuk Ledesma

Ledesma mendapat pujian karena aksi heroiknya itu, begitu pula tindakan rekan setimnya, Jose Mari.

Gelandang veteran, yang berada di bangku cadangan ketika kejadian berlangsung, membantu seorang petugas medis membawa tandu dari lapangan ke tribune penonton.

Halaman twitter Cadiz dibanjiri dengan pesan yang memuji kiper, bahkan dari fans Barcelona.

 

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer