Sukses


Liga Spanyol: Fakta Baru Nih, Ansu Fati Ternyata Enggak Begitu Suka Jadi Penyerang Sayap

Bola.com, Jakarta - Penyerang muda Barcelona, Ansu Fati punya kans besar untuk menjadi seorang striker tengah. Artinya bakal ada perubahan posisinya yang seringkali dimainkan sebagai penyerang sayap di Barcelona.

Muncul fakta baru, bahwa Ansu Fati merasa lebih nyaman bermain sebagai penyerang tengah di Barcelona. Diketahui pemain berusia 19 tahun itu selalu diandalkan di sektor sayap kiri maupun kanan.

Sejak promosi ke tim senior Barcelona pada musim 2019/2020 lalu, Fati memang lebih akrab di posisi sayap. Ia seringnya beroperasi di sisi kiri, tetapi juga bisa dimainkan di kanan.

Namun, pemain yang sudah mencatatkan 66 penampilan bersama Barcelona hingga 26 September 2022 ini juga pernah dimainkan sebagai penyerang tengah. Ia bahkan sempat memainkannya sekali di musim ini, saat Barcelona menang 3-0 atas Sevilla di pekan ke-4 Liga Spanyol musim ini.

Walaupun begitu, jumlahnya bermain sebagai penyerang tengah masih terbilang sedikit. Menurut catatan Transfermarkt, Fati baru baru bermain sebagai penyerang tengah di enam pertandingan saja.

2 dari 5 halaman

Alasan Fisik

Laporan Sport mengungkapkan bahwa Fati justru merasa senang saat dipasang sebagai penyerang tengah. Alasan fisik menjadi faktor yang mendasarinya.

Menurut laporan itu, bermain di posisi penyerang tidak akan terlalu menuntut fisik yang lebih. Ia tidak akan terlalu dipaksa untuk terlalu sering berlari.

Beda halnya ketika dipasang sebagai seorang penyerang. Ansu Fati bakal fokus di daerah sekitar kotak penalti dan menciptakan kombinasi permainan melalui kecepatan yang dimilikinya.

3 dari 5 halaman

Belum Kembali 100 Persen

Apa yang dikeluhkan oleh Fati memang terbukti sesuai data yang ada. Dalam laporan yang sama menyebutkan, ia belum bisa melakukan 50 sprint dalam satu pertandingan.

Kendati begitu, Barcelona lebih memilih untuk mengasah kemampuan fisiknya itu. Fati sedang dilatih kekuatan dan ketahanan tubuh untuk meningkatkan kondisi fisiknya.

Manajer Xavi Hernandez dikabarkan yakin dengan kemajuan yang akan dialami oleh pemainnya tersebut. Ia percaya Fati bisa mencapai target yang ditetapkan.

4 dari 5 halaman

Perbandingan Peluang

Fati memang selayaknya harus bermain di posisi sayap untuk bisa mendapatkan menit bermain lebih banyak. Jika harus menuruti keinginannya bermain di posisi penyerang, waktu bermainnya akan lebih sedikit.

Di posisi sayap kiri, Fati hanya bersaing dengan Ferran Torres. Untuk bermain di sayap kanan sedikit sulit karena masih ada nama Ousmane Dembele dan Raphinha.

Sementara itu, posisi penyerang akan sangat sulit. Robert Lewandowski adalah pilihan tidak tergantikan. Setelah itu masih ada nama Memphis Depay. Penyerang sekelas Pierre-Emerick Aubameyang saja sampai harus angkat kaki karena tidak percaya diri untuk bersaing mendapatkan posisi inti dengan Lewandowski.

Sumber: Sport

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal, published 26/9/2022)

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Barcelona Saat Ini

Video Populer

Foto Populer