Sukses


Kawan Sejati Lionel Messi di Laga Debut Bersama Barcelona : 11 Nama yang Setia, Siapa Saja Mereka ?

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi memiliki cerita teramat panjang ketika bersama Barcelona. Sisa hasil usaha Sang Messiah tercetak tegas, dari Camp Nou sampai La Masia. Banyak orang yang tak akan pernah lupa bagaimana suami Antonella itu melakoni debut.

Lionel Messi merupakan satu di antara superstar di lapangan hijau. Kelak, jika Messi pamit dari duni balbalan, dia akan dikenang sebagai legenda sepak bola sepanjang sejarah.

Messi, yang pada 24 Juni mendatang genap berusia 36 tahun, saat ini memperkuat Paris Saint-Germain (PSG). Usia senja tak meredupkan kemilau La Pulga.

 

2 dari 6 halaman

Sukses Timnas

Bersama Timnas Argentina, Messi sukses memenangkan Piala Dunia 2022. Performa itu merupakan penantian terbesar Messi setelah memenangkan semuanya di level klub.

Tak hanya itu, Messi juga ditahbiskan sebagai Pemain Terbaik menyusul permainan ciamik, serta tujuh gol spektakulernya sepanjang turnamen. Sebelum hijrah ke Prancis dua tahun silam, pemilik tujuh Ballon d'Or itu adalah bintang Barcelona. Teramat lama dia di sana, dari dari 2004 hingga 2021.

 

3 dari 6 halaman

Modal Sukses

Sukses Lionel Messi tentunya tak lepas dari sejumlah pihak, termasuk mantan pelatih yang sangat dihormatinya, Frank Rijkaard. Nama terakhir yang memberikan kesempatan berharga bagi Messi melakoni debut kompetitif berkostum tim senior Blaugrana.

Saat itu, 16 Oktober 2004, armada Rijkaard bertandang ke markas Espanyol, Estadi Olímpic Lluís Companys. Dalam duel lanjutan La Liga 2004/2005 yang berakhir dengan kemenangan 1-0, Messi masuk pada menit ke-82.

Messi, yang ketika itu masih berusia belasan tahun, menggantikan pencetak gol satu-satunya dalam pertandingan itu, yakni Deco. Kendati hanya bermain tak lebih dari 10 menit, namun dari sanalah semua bergulir.

 

4 dari 6 halaman

Jalan Sejarah

Setelah itu, selebihnya adalah sejarah. Lionel Messi belum mau berhenti sampai di sini. Sekarang, Lionel Messi tak perlu bersusah payah lagi ketika ingin datang atau kembali ke Barcelona.

Beberapa media menyebut, Lionel Messi akan kembali ke Barcelona. Kondisi itu terjadi ketika Messi sudah menghabiskan karier di Prancis, lalu mungkin ke Amerika Serikat.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan rekan-rekan setim Lionel Messi ketika sang legenda menjalani debut, yuk simak datanya di bawah ini :

 

5 dari 6 halaman

Teman Debut

Starting XI debut Messi bersama Barcelona :

Kiper: Victor Valdes

Belakang: Jualiano Belletti, Oleguer, Carles Puyol, Giovanni Van Bronckhorst

Tengah: Deco, Rafa Marquez, Xavi Hernandez

Depan: Samuel Eto'o, Larsson, Ronaldinho

Sumber: Planetfootball

6 dari 6 halaman

Barcelona Menuju Jaya

Video Populer

Foto Populer