Sukses


5 Fakta Menarik Kekalahan Barcelona dari Almeria: Rekor Terputus, Gagal Menjauh dari Real Madrid

Bola.com, Jakarta - Barcelona dibuat terkejut saat bertandang ke Power Horse Stadium, markas Almeria, pada laga jornada 23 La Liga Spanyol 2022/2023, Senin (27/2/2023) dini hari WIB. Sang pemuncak klasemen pulang tanpa poin setelah kalah 0-1 dalam laga itu.

Barcelona kebobolan pada menit ke-24. El Bilal Toure menjadi pencetak gol semata wayang dalam pertandingan tersebut.

Selepas kebobolan, Barcelona berusaha menyerang bertubi-tubi. Kualitas serangan yang buruk dari Barcelona dan rapatnya pertahanan Almeria membuat skuad besutan Xavi Hernandez itu kesulitan untuk menyamakan kedudukan.

Kegagalan Barcelona mencetak gol karena keterbatasan strategi yang diusung oleh Xavi Hernandez. Skema umpan silang yang diperagakan gagal memberikan ancaman sama sekali.

2 dari 7 halaman

Puluhan Umpan Silang yang Tidak Berarti

Barcelona mulai kehabisan akal saat memasuki babak kedua. Strategi yang dipakai adalah umpan-umpan silang.

Barcelona yang kesulitan menembus lewat tengah, kerap kali membawa bola ke pinggir. Namun, produk akhirnya selalu sama, yaitu umpan silang.

Menurut catatan OPTA, Barcelona melepaskan total 47 umpan silang di laga ini. Itu adalah jumlah terbanyak yang terjadi di satu pertandingan La Liga sejak 2005/2006.

3 dari 7 halaman

Hanya Satu Shot on Goal

Walaupun mengirimkan puluhan umpan silang, Barcelona berhasil diredam habis oleh Almeria. Bagaimana tidak, Robert Lewandowski dkk hanya mampu melepaskan satu tembakan on target.

Tidak hanya itu, Barcelona tercatat hanya melepaskan sembilan upaya tembakan, termasuk on target tersebut. Padahal, Barcelona menguasai bola hingga 70 persen.

Enam tembakan yang dimiliki Barcelona melenceng semua. Sedangkan dua di antaranya sukses diblok para pemain Almeria.

4 dari 7 halaman

Rekor yang Putus

Barcelona sangat diunggulkan ketika menghadapi Almeria. Ada dua alasan Barcelona begitu diunggulkan, yaitu performa tim pada musim ini dan rekor pertemuan kedua tim.

Laga ini adalah pertemuan ke-14 antara Barcelona dan Almeria. Dari 13 laga sebelumnya, Almeria tidak pernah menang dari Blaugrana. Bahkan dari sembilan laga terakhir, Almeria selalu kalah.

Sialnya, rekor nyaris sempurna itu terputus. Almeria memenangkan pertandingan untuk pertama kalinya saat berhadapan dengan Barcelona.

5 dari 7 halaman

Serba Terbalik

Fakta-fakta di atas kertas sebelum pertandingan ini pun akhirnya jadi percuma. Hasil akhir menunjukkan bahwa semuanya serba terbalik dari fakta yang ada.

Misalnya, Almeria adalah tim dengan rekor kebobolan terburuk, dan berada di peringkat ke-17. Meskipun Barcelona punya seorang Robert Lewandowski yang merupakan top scorer Liga Spanyol, Barcelona sama sekali gagal mencetak gol.

Sebaliknya, Barcelona adalah tim dengan rekor kebobolan paling sedikit di musim ini dengan baru kebobolan tujuh gol. Namun menghadapi Almeria yang sulit menang, Barcelona justru kebobolan.

 

6 dari 7 halaman

Gagal Melebarkan Jarak dengan Real Madrid

Barcelona sebenarnya tidak perlu khawatir dengan kekalahan ini. Toh, puncak klasemen Liga Spanyol masih di tangan Pedri dkk.

Hanya saja, Barcelona gagal memanfaatkan momentum untuk memperlebar jarak dengan Real Madrid. Pesaing terdekat mereka saat ini hanya meraih hasil imbang di pekan ke-23.

Seandainya Barcelona menang atas Almeria, selisihnya akan jadi sepuluh poin. Namun karena kalah, Barcelona tetap dengan selisih tujuh angka.

7 dari 7 halaman

Posisi Barcelona di La Liga Spanyol

Video Populer

Foto Populer