Sukses


5 Fakta di Balik Kemenangan Barcelona atas Athletic Bilbao: 9 Poin Memimpin Jelang El Clasico

Bola.com, Jakarta Barcelona memenangkan duel alot kontra Athletic Bilbao dengan skor tipis 1-0. Laga pekan ke-25 Liga Spanyol 2022-2023, Senin (13/3/2023) ini berlangsung sengit dan seimbang.

Bertandang ke San Mames, Barca sempat disulitkan dengan perlawanan tuan rumah. Bilbao tampil agresif dan sebenarnya lebih banyak mengancam selama 90 menit pertandingan.

Biar begitu, Barca bisa mencuri satu gol lewat aksi Raphinha di ujung babak pertama (45+1'). Bilbao harus menerima drama gol Inaki Williams yang dianulir wasit.

Kemenangan ini penting bagi Barcelona untuk terus menjauh dari kejaran Real Madrid di papan atas klasemen sementara La Liga 2022-2023.

2 dari 6 halaman

Unggul 9 Poin

Menang dengan skor tipis 1-0 tetap berarti tiga poin untuk Barcelona. Bagaimanapun, yang terpenting adalah torehan poin, bukan skor besar dalam pertandingan.

Saat ini Barca memimpin klasemen dengan 65 poin. Madrid mengekor dengan 56 poin. Ada selisih 9 poin antara dua tim top Spanyol ini.

Jarak 9 poin ini sangat penting bagi Barcelona. Senin (20/3/2023) pekan depan, mereka akan meladeni Real Madrid dalam duel sengit El Clasico. Unggul 9 poin tentu membuat Barca lebih percaya diri.

3 dari 6 halaman

Penuh Kerja Keras

Athletic Bilbao bukan lawan mudah bagi Barca, khususnya di pertandingan kali ini. Tuan rumah bermain lebih baik di setiap lini.

Memang Bilbao membiarkan Barca mendominasi penguasaan bola, tapi aspek-aspek lain berhasil mereka kuasai dengan baik.

Tercatat, Bilbao menorehkan total 15 tembakan, 5 di antaranya tepat sasaran. Sedangkan Barca hanya 10 tembakan, 2 yang tepat sasaran.

Bilbao lebih banyak menciptakan peluang berbahaya di laga ini, sayangnya mereka bermasalah dalam penyelesaian akhir. Pertahanan Barca juga sedang bagus-bagusnya.

4 dari 6 halaman

Raphinha On Fire

Gol tunggal Barca dalam kemenangan kali ini datang dari sumbangsih Raphinha. Dia menjebol gawang lawan tepat di ujung babak pertama. Gol krusial bagi kemenangan tim.

Winger Brasil itu memang sedang menunjukkan performa terbaiknya dalam beberapa pekan terakhir. Raphinha telah mencetak total 9 gol untuk Barca di semua kompetisi musim ini.

Di Liga Spanyol, Raphinha telah membukukan 7 gol dan 5 assists. Dia hanya kalah dari Karim Benzema dan Vinicius Junior dalam kontribusi gol untuk tim.

5 dari 6 halaman

Dukungan Fans

Kemenangan tipis 1-0 memang tidak semegah kemenangan-kemenangan besar Barcelona lainnya. Namun, laga ini sangat penting bagi mentalitas pemain dan tim.

Barca saat ini sedang diterpa gosip miring soal skandal suap wasit dan korupsi selama belasan tahun terakhir. Kasus ini masih berupa dakwaan, belum terbukti.

Tentu kabar negatif semacam ini bakal mengganggu fokus para pemain di lapangan. Namun, dengan kemenangan ini, Barca membuktikan bahwa mereka bisa menutup telinga demi fokus ke pertandingan.

Tagar #StayStrongFCBarcelona pun ramai di media sosial. Fans Barca dari seluruh dunia memberikan dukungan penuh terhadap klub idola mereka.

6 dari 6 halaman

Baru Kebobolan 8 Gol

Barca sudah menempuh 25 pertandingan di La Liga musim ini. Mereka mengumpulkan total 65 poin untuk bertahan di puncak, hasil dari 21 kemenangan dan 2 hasil imbang.

Menariknya, laju positif Barca musim ini bukan hanya karena kemampuan mereka merangkai kemenangan di laga sulit, melainkan juga karena kemampuan bertahan yang impresif.

Barca baru kebobolan 8 gol dalam 25 pertandingan Liga Spanyol musim ini. Menurut catatan Opta, Barca mencatatkan rekor baru di liga dengan torehan impresif tersebut.

 

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, 13/3/2023)

Video Populer

Foto Populer