Sukses


5 Fakta Robert Lewandowski: 12 Kali Juara Liga dalam 13 Tahun, Gagal ke Inggris

Bola.com, Jakarta - Striker Barcelona, Robert Lewandowski, sukses mengantar klubnya menjuarai La Liga Spanyol dalam musim pertamanya di Camp Nou. Striker asal Polandia ini memang memiliki fakta yang menarik.

Robert Lewandowski memang merupakan satu di antara para pesepak bola terkenal di bumi yang berhasil meraih trofi Gerd Muller untuk penetak gol terbaik musim 2021/2022 saat masih berseragam Bayern Munchen.

Kini setelah mengantarkan Barcelona menjadi juara La Liga musim 2022/2023, Robert Lewandowski juga tengah memimpin daftar top scorer sementara yang membuatnya menjadi kandidat untuk meraih trofi Pichichi pada akhir musm nanti.

Sebagai bentuk apresiasi keberhasilannya menjadi juara La Liga pada musim perdananya di Liga Spanyol, berikut lima fakta menarik mengenai Robert Lewandowski seperti dilansir dari La Liga Hub:

2 dari 6 halaman

12 Kali Juara Liga dalam 13 Musim Terakhir

 

Robert Lewandowski adalah seorang pemenang. Buktinya adalah bahwa ia telah memenangkan 12 gelar juara liga dalam 13 tahun terakhir dalam kariernya.

Lewandowski menjadi juara Liga Polandia bersama Lech Poznan pada musim 2019/20210. Ia kemudian menjuarai Bundesliga bersama Borussia Dortmund pada 2010/2011 dan 2011/2012.

Setelah gagal menjadi juara pada musim 2012/2013, Robert Lewandowski berhasil meraih delapan trofi juara Bundesliga secara beruntun bersama Bayern Munchen. Kini ia pun langsung menjuarai La Liga Spanyol bersama Barcelona.

3 dari 6 halaman

Tumbuh di Keluarga Olahraga

 

Robert Lewandowski mungkin adalah pesepak bola terbaik di dunia, tetapi ia bukan satu-satunya yang menggeluti profesi sebagai atlet di dalam keluarganya.

Sang ayah, Krzysztof Lewandowski, adalah mantan juara judo. Sementara sang ibu, Iwona Lewandowska, adalah seorang atlet voli profesional di Polandia.

Kemudian saudarinya, Milena Lewandowski, mengikuti jejak sang ibu dan sudah membela Timnas Voli U-21 Polandia.

Tidak sampai di situ. Robert Lewandowski menikahi Anna Stachurska, seorang bintang karate Polandia yang pernah meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia Karte 2009.

4 dari 6 halaman

Sangat Ketat Menjaga Tubuh

 

Statistik Robert Lewandowski dalam mencetak gol hanya mungkin terjadi dengan kombinasi bakat dan kekuatan fisik yang dimilikinya, sesuatu yang ditangani secara ekstrem di Polandia.

Mantan rekan setimnya di Bayern Munchen yang juga mantan bintang Athletic Bilbao, Javi Martinez, pernah mengungkapkan momen sering mencoba meminta Lewandowski untuk mencicipi makanan manis yang ia bawa dari Spanyol.

Namun, striker asal Polandia itu terus menolak karena diet ketat yang dlakukannya. Lewandowski dalam beberapa kesempatan menyatakan mencoba mengendalikan semua faktor yang bisa memengaruhi kondisi fisiknya, bahkan posisi tidurnya, demi meminimalkan kemungkinan cedera dan memaksimalkan performa di lapangan hijau.

5 dari 6 halaman

Bencana Alam Mengubah Kariernya

 

Kembali ke 2010, pada musim panas ketika ia akhirnya pindah ke Borussia Dortmund, Robert Lewandowski dijadwalkan melakukan perjalanan ke Inggris untuk mengunjungi fasilitas Blackburn Rovers, di mana ada kemungkinan ia pindah ke klub Inggris itu.

Lewandowski sangat senang mendapatkan kesempatan untuk bermain di Inggris, tetapi penerbangannya bertepatan dengan letusan gunung beapi di Islandia, Eyjafjallajokull.

Bencana alam itu mengganggu semua lalu lintas udara di Eropa selama beberapa pekan dan mencegahnya terbang ke Inggris.

"Apakah itu mengubah hidup saya? Tak perlu diragukan lagi, mungkin jika saya bertemu dengan Blackburn, saya akan tetap ada di sana," ujar Lewandowski.

Pada akhirnya Lewandowski bergabung bersama Borussia Dortmund dan membuat sejarah bersama klub Jerman itu.

 

6 dari 6 halaman

Hobi Olahraga Balap

Ketertarikan Robert Lewandowski terhadap olahraga tak hanya teratas kepada sepak bola. Ia bermain tenis, golf, dan yang terpenting, menghadiri balapan Formula 1.

Pemain asal Polandia itu kerap terlihat berada di GP Formula 1, seperti di Monaco. Itu menjadi salah satu gairah terbesarnya, di mana ia mengidolakan pembalap asal Jerman, Michael Schumacher.

"Saya sudah mengikuti Formula 1 sejak masih sangat muda dan saya selalu ingat Michael Schumacher, semua yang dia raih benar-benar luar biasa," ujarnya.

Sumber: La Liga Hub

Video Populer

Foto Populer