Sukses


Ada Peran Kecerdasan Xavi pada Gelar Juara Barcelona di Liga Spanyol 2022 / 2023

Bola.com, Barcelona - Barcelona berhasil menjadi juara La Liga 2022/2023. Gelar yang diraih Barca di musim ini cukup spesial. Sebab, mereka sudah absen meraih gelar liga sejak musim 2018/2019.

Barcelona sudah menjadi juara ketika La Liga 2022/2023 masih menyisakan tiga laga lagi. Hingga kini, Barca pun masih kukuh berada di puncak klasemen dengan 85 poin.

Mereka unggul cukup jauh dari Atletico Madrid yang ada di posisi kedua. Antoine Griezmann dan kawan-kawan baru memiliki 72 poin dari 35 laga.

Bek tengah Barcelona, Ronald Araujo memuji peran Xavi Hernandez. Ia merasa Xavi berperan sangat penting pada keberhasilan Barca meraih gelar La Liga 2022/2023.

“Xavi adalah kecerdasan utama dari gelar juara ini. Banyak pemain, termasuk saya sendiri, telah berkembang pesat sejak kedatangan Xavi," ujar Araujo kepada Radio Catalunya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Identitas Telah Kembali

Barcelona memiliki identitas khusus. Mereka selalu berusaha meraih kemenangan dengan bermain indah. Bermain sesuai filosofi mereka.

Ronald Araujo merasa filosofi itu sempat hilang dari Barcelona selama beberapa tahun terakhir. Namun, kedatangan Xavi Hernandez telah mampu mengembalikan identitas itu.

"Dalam beberapa tahun terakhir, Barca telah kehilangan identitasnya dan para pemain telah menjauh dari model tersebut. Xavi telah memperbaiki semua ini dan sekarang kami kembali menjadi tim yang dapat dikenali,” tegasnya.

3 dari 5 halaman

Musim yang Spektakuler

Ronald Araujo berhasil menembus tim utama Barcelona pada 2020. Saat itu ia merangkak dari klub satelit Barcelona yakni Barcelina B.

La Liga 2022/2023 menjadi gelar juara liga pertama Ronald Aruajo. Bek asal Uruguay itu pun sangat senang dengan gelar juara itu. Ia bahkan menyebut musim ini sebagai musim yang spektakuler.

“Musim yang sangat spektakuler. Saya pikir kami memiliki musim yang sangat bagus, terutama berhasil memenangkan pertandingan yang sangat rumit dan penting,” tandasnya.

4 dari 5 halaman

PR Besar di Kompetisi Eropa

Barcelona boleh berjaya di La Liga 2022/2023. Namun, tim asuhan Xavi Hernandez masih memiliki Pekerjaan Rumah (PR) besar di kompetisi Eropa.

Penampilan mereka di ajang itu belakangan sanagt buruk. Pada musim ini, Barca tersingkir di babak grup Liga Champions. Mereka juga tak bisa berbuat banyak ketika terjun ke Liga Europa.

Perlu diingar, Barcelona sudah sangat lama tak menjadi jawara Eropa. Gelar Liga Champions terakhir yang berhasil diraih Barcelona terjadi pada musim 2014/2015.

Saat itu trio Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez masih menghiasi lini depan Barca. Xavi Hernandez dan Andres Iniesta juga masih menjadi andalan di lini tengah.

 

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer