Sukses


Liga Spanyol: Vinicius Jr Kena Rasialisme, Lampu pada Patung Yesus Kristus di Rio de Janeiro Dimatikan

Bola.com, Rio de Janeiro - Lampu pada patung ikon Yesus Kristus Sang Penebus di Rio de Janeiro dimatikan selama satu jam untuk menunjukkan solidaritas kepada Vinicius Jr setelah penyerang Brasil itu dilecehkan secara rasial selama pertandingan klub di Spanyol.

Lampu dimatikan pada Senin pukul 6 sore waktu setempat untuk mengakhiri hari ketika pemerintah Brasil dan dunia sepak bola bersatu untuk mengutuk penghinaan rasial yang ditujukan kepada pemain Real Madrid pada pertandingan Liga Spanyol akhir pekan lalu.

Suaka Keuskupan Agung yang mengelola monumen tersebut melakukan tindakan tersebut bekerja sama dengan PSSI-nya Brasil dan Observatorium Diskriminasi Rasial dalam Sepak Bola.

"Keuskupan Agung Kristus Penebus menolak serangan rasis yang diderita oleh pemain Brasil Vinicius Junior," kata Suaka Keuskupan Agung dalam sebuah posting Instagram.

"Pencahayaan monumen akan dimatikan sebagai simbol perjuangan kolektif melawan rasialisme dan solidaritas dengan pemain dan semua orang yang menerima prasangka rasialisme di seluruh dunia."

2 dari 4 halaman

Didukung oleh Banyak Penggiat Sepak Bola

Sebelumnya pada hari Senin, pemerintah Brasil meminta Spanyol dan otoritas olahraga sebelumnya untuk menghukum mereka yang bertanggung jawab atas 'serangan rasis' terhadap pemain, sementara presiden badan sepak bola FIFA Gianni Infantino menyatakan solidaritasnya.

Tokoh olahraga lain seperti Kylian Mbappe, Rio Ferdinand, dan pembalap Formula Satu Lewis Hamilton juga menyuarakan dukungannya untuk Vinicius Jr.

Pemain internasional Brasil berusia 22 tahun itu kemudian memposting gambar patung siluet bulan di Twitter dan mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang telah diterimanya.

"Hitam dan mengesankan. Kristus Penebus seperti ini barusan. Aksi solidaritas yang menggerakkan saya. Tetapi saya ingin, di atas segalanya, untuk menginspirasi dan membawa lebih banyak cahaya untuk perjuangan kita," tulisnya.

Ketua Federasi Sepak Bola Spanyol Luis Rubiales mengakui ada masalah nyata rasisme di sepak bola negara di mana 'rilis pers tidak berfungsi lagi'.

3 dari 4 halaman

La Liga Bergerak

La Liga telah mengumumkan bahwa mereka akan meminta lebih banyak kekuatan untuk memerangi rasialisme secara efektif, menyusul penghinaan dan pelecehan yang konsisten yang diterima Vinicius Junior musim ini.

"La Liga akan meminta lebih banyak kekuatan sanksi, dengan tujuan menjadi lebih gesit dan efektif dalam perang melawan kekerasan, rasialisme, xenofobia, dan intoleransi dalam olahraga, di mana La Liga telah menghabiskan bertahun-tahun memimpin pendeteksian dan pelaporan perilaku ini di stadion sepak bola."

"La Liga merasakan frustrasi yang luar biasa atas kurangnya sanksi dan hukuman oleh badan disiplin olahraga, administrasi publik, dan badan yurisdiksi tempat pengaduan resmi mereka diajukan."

Sumber: Daily Mail, Football Espana

4 dari 4 halaman

Posisi Real Madrid saat Ini

Video Populer

Foto Populer