Sukses


Sepak Terjang 4 Pemain Italia di Barcelona: Intip Rapor dan Prestasinya

Bola.com, Jakarta - Sepanjang 123 tahun sejarah Barcelona, klub raksasa Liga Spanyol itu hanya punya empat pemain berkebangsaan Italia. 

Barcelona sebenarnya punya pemain yang berasal dari berbagai negara, tidak melulu Spanyol. Bahkan, tak sedikit pemain dari luar Eropa pernah merumput di klub raksasa La Liga ini.

Sebut saja dari Brasil, Argentina maupun negara Eropa seperti Spanyol, Belanda, hingga Portugal. Pemain dari Amerika Selatan seperti Rivaldo, Ronaldinho, hingga Lionel Messi bahkan meraup prestasi gemilang saat berseragam Barcelona.

Uniknya, meski Catalonia dan Italia hanya berjarak 1.000 kilometer, hanya sedikit pemain dari negeri Pizza yang pernah merasakan berseragam Barcelona. 

Berikut empat pemain asal Italia yang pernah membela Barcelona. Simak juga rapor sang pemain saat memperkuat klub yang bermarkas di Camp Nou ini.

 

2 dari 6 halaman

1. Demetrio Albertini (Gelandang)

Demetrio Albertini bergabung ke Camp Nou pada Januari 2005 setelah kontraknya berakhir di Atalanta. Pada La Liga musim 2004/2005, Albertini yang sudah berusia 34 tahun itu hanya lima kali memperkuat Blaugrana di liga.

Namun, dia berkontribusi saat Barcelona juara La Liga pada musim itu. Setelah mendapat trofi La Liga, Albertini memutuskan gantung sepatu di akhir musim.

 

3 dari 6 halaman

2. Thiago Motta (Gelandang)

Pria berpaspor Italia kelahiran Brasil ini sudah berada di Barcelona sejak muda kala bergabung dengan La Masia. Dia kemudian memperkuat Barcelona B pada 1999.

Dua tahun kemudian, tepatnya Juli 2001, Motta sudah langsung promosi ke tim senior.

Dia langsung menjalani karier profesional yang luar biasa dengan menjadi pemain utama. Selama berada di Camp Nou, Motta membantu Barcelona menghasilkan dua gelar La Liga, satu Liga Champions dan Piala Super Spanyol.

 

4 dari 6 halaman

3. Francesco Coco (Bek)

Bek kanan Francesco Coco mulai bergabung dengan Barcelona pada Agustus 2001. Saat itu, Coco dipinjam Barcelona dari raksasa Italia, AC Milan, selama musim 2001/2002.

Bermain bersama pemain Italia Thiago Motta selama musim La Liga 2001/2002, Coco menjadi sosok penting di Camp Nou dan tampil 23 kali. Dia kembali ke Milan setelah masa pinjamannya selesai pada akhir musim.

 

5 dari 6 halaman

4. Gianluca Zambrotta (Bek)

Yang terakhir dalam daftar ini adalah Gianluca Zambrotta yang juga berposisi sebagai bek kanan. Dia tiba di Camp Nou pada Juli 2006 dengan banderol harga 14 juta euro dari Juventus.

Selama dua musim di Camp Nou, Zambrotta menjalani 58 pertandingan La Liga dan mencetak tiga gol bagi Barcelona. Dia hanya memenangi Piala Super Spanyol 2007 dan hengkang pada 2008 yang merupakan era Lionel Messi serta Pep Guardiola dimulai.

Sumber: Sportkeeda 

6 dari 6 halaman

Intip Posisi Barcelona di Akhir Musim

Video Populer

Foto Populer