Sukses


Rapor 6 Pemain Inggris Raya di Real Madrid: Aksi Jude Bellingham Menarik Ditunggu Nih

Bola.com, Jakarta - Real Madrid kemungkinan tidak hanya akan diperkuat satu pemain asal Inggris musim depan, tetapi dua. Setelah mendapatkan Jude Bellingham, Los Blancos dikabarkan tertarik untuk merekrut Harry Kane.

Gelandang Borussia Dortmund, Jude Bellingham telah menandatangani kontrak dengan Real Madrid, Rabu (7/6/2023). Namun, entrenador Real Madrid, Carlo Ancelotti menyebut tertarik mendapatkan Harry Kane.

Ketajaman Kane memang tidak perlu diragukan lagi baik bersama Tottenham mapun Timnas Inggris. Pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang masa berusia 29 tahun itu juga mendekati tahun terakhir kontraknya bersama Tottenham.

Real Madrid memang membutuhkan pemain nomor 9 baru karena Karim Benzema memutuskan pergi ke Arab Saudi setelah kontraknya di Santiago Bernabeu berakhir. Namun, sebelum melihat kiprah Bellingham dan kemungkinan Kane, ada sejumlah pemain asal Inggris yang pernah berseragam Real Madrid.

Bagaimana kiprah para pemain asal Britania Raya ini di Real Madrid? Berikut kiprah enam pemain asal tanah Inggris yang pernah bermain di Real Madrid.

 

2 dari 7 halaman

1. Gareth Bale

Bale memang berasal dari Wales tetapi dia berpaspor Britania Raya. Kane bisa meniru jejak Bale yang meninggalkan Tottenham dan bergabung dengan Real Madrid pada 2013 dengan biaya transfer memecahkan rekor dunia saat itu.

Di Spanyol, Bale punya kebiasaan mencetak gol-gol penting meskipun tidak pernah sepenuhnya memenangi hati para penggemar Madrid. Meski mencetak gol penting di final Liga Champions, penampilan Bale tidak konsisten di Madrid.

 

3 dari 7 halaman

2. Jonathan Woodgate

Ketika Real Madrid selesai membayar 13,5 juta pounds ke Newcastle untuk mendapatkan Woodgate pada 2004, sang pemain justru cedera dan tidak melakukan debutnya sampai musim berikutnya. Woodgate menjalani debutnya tetapi justru mencetak gol bunuh diri hingga mendapat kartu merah.

Masalah cedera yang terus-menerus mencegahnya untuk menebus kesalahannya di Bernabeu. Dia juga kemudian terpilih sebagai pembelian terburuk abad ke-21 oleh pembaca Marca, outlet olahraga terkemuka Spanyol. 

 

4 dari 7 halaman

3. Michael Owen

Michael Owen adalah superstar terakhir asal Inggris di era Galacticos edisi pertama. Sayangnya, mantan striker Liverpool itu merupakan pemain yang gagal bersinar bersama Real Madrid.

Owen hanya sering berada di bangku cadangan di belakang duo Ronaldo dan Raul Gonzales yang nyaris tak tergantikan. Di Madrid, Owen hanya mampu mencetak 16 gol dari 45 laga hingga akhirnya memutuskan kembali ke Premier League bersama Newcastle setelah Los Blancos mendatangkan Robinho.

 

5 dari 7 halaman

4. David Beckham

David Beckham menjadi salah satu pilar utama proyek Galacticos Madrid pada awal 2000-an. Selain Beckham, Presiden Florentino Perez juga merekrut bintang dunia lainnya seperti Luis Figo, Ronaldo, dan Zinedine Zidane.

Proyek Galacticos itu mengangkat prestise klub kembali ke ketinggian yang tinggi di masa lalu setelah dekade yang agak tandus. Beckham membuat lebih dari 150 penampilan untuk Los Blancos, tetapi hengkang setelah empat musim hanya dengan satu gelar La Liga.

 

6 dari 7 halaman

5. Steve McManaman

Seperti Beckham, Steve McManaman menghabiskan empat musim di Bernabeu. Tetapi mantan gelandang Liverpool itu pergi dengan lebih banyak pencapaian yang dia tunjukkan bersama Real Madrid.

Setelah bergabung ke Madrid dengan status bebas transfer pada 1999, McManaman merengkuh enam penghargaan utama bersama Los Blancos, termasuk dua gelar La Liga dan dua Liga Champions. Dia sangat dicintai suporter karena kombinasi lari yang tak kenal lelah dan kemampuan mencetak gol-gol penting.

 

7 dari 7 halaman

6. Laurie Cunningham

Sebagai pemain Inggris pertama yang bermain untuk Real Madrid, Laurie Cunningham menjadi teladan bagi para pemain di Britania Raya. Dia pindah ke Bernabeu dari West Brom pada 1979 seharga 950.000 pounds dan bertahan selama empat tahun untuk memenangi La Liga dan dua gelar Copa del Rey.

Petualangannya di ibu kota Spanyol terhambat oleh cedera dan setelah meninggalkan Los Blancos pada 1983 dia pindah ke Rayo Vallecano selama enam tahun ke depan. Cunningham tewas dalam kecelakaan mobil di Madrid, pada usia 33 tahun, serta meninggalkan istri dan putranya di Spanyol hingga saat ini.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer