Sukses


Kritik Toni Kroos untuk Pesepak Bola yang Memutuskan ke Arab Saudi: Semua karena Uang!

Bola.com, Jakarta - Gelandang Real Madrid, Toni Kroos, berkomentar mengenai sejumlah pemain top Eropa yang memutuskan untuk berlabuh ke Liga Arab Saudi. Menurutnya, pemain yang memutuskan melanjutkan karier di Timur Tengah bukan karena ambisi, tapi karena uang.

Begitu banyak pesepak bola Eropa memutuskan bergabung bersama klub Arab Saudi sejak beberapa bulan lalu, dimulai dengan keputusan Cristiano Ronaldo bergabung bersama Al Nassr pada Januari 2023.

Setelah itu sejumlah pemain menyusul langkah Cristiano Ronaldo, di mana banyak tawaran dari klub Arab Saudi datang dengan nominal yang besar.

Rekan setim Kroos di Real Madrid, Karim Benzema, dan juga pemain lain seperti N'Golo Kante, dan Neymar adalah beberapa di antara pemain yang memutuskan untuk berlabuh di Saudi Pro League.

Setelah sempat berkomentar 'memalukan' dalam publikasi yang dilakukan Fabrizio Romano mengenai kepergian Gabri Veiga ke Al Ahli, Toni Kroos kini mengungkapkan pendapatnya mengenai banyaknya pesepak bola yang berlabuh di Arab Saudi kepada Sport Illustrated.

2 dari 4 halaman

Semua karena Uang

 

Toni Kroos tidak ragu untuk menyebut keputusan pemain yang berlabuh ke Arab Saudi didasari oleh uang. Pemain asal Jerman itu merasa sebuah omong kosong ketika pemain menyebutnya sebagai sebuah ambisi baru.

"Banyak yang mengtakan bahwa orang-orang memainkan sepak bola yang ambisius, tetapi ini semua terjadi karena uang," tegas pemain Real Madrid itu.

Itu menjadi sebuah kritik yang terfokus kepada momen pemain memutuskan untuk mengambil keputusan itu, di mana banyak yang masih dalam usia produktif untuk bersaing di Eropa.

"Masing-masing harus membuat keputusan ini untuk diri mereka sendiri, seperti misalnya yang diputuskan oleh Cristiano Ronaldo," ujar Kroos.

 

 
3 dari 4 halaman

Musim Ke-10 Bersama Real Madrid

 

Toni Kroos juga bicara mengenai karier panjangnya bersama Real Madrid. Musim ini menjadi musim ke-10 bagi pesepak bola asal Jerman itu membela Los Blancos.

Bersama Los Blancos, Toni Kroos telah meraih 3 gelar juara La Liga, 1 trofi Copa del Rey, 3 trofi Piala Super Spanyol, 4 trofi Liga Champions, 4 trofi Piala Super Eropa, dan 5 trofi Piala Dunia Antarklub.

"Spesial bagi sya, terutama karena saya tidak bermain di mana pun selama sembilan tahun, hanya di klub yang sangat istimewa ini. Bersama Real Madrid, Anda harus mencapai standar tertinggi secara konstan," ujar Toni Kroos.

Sumber: Marca

4 dari 4 halaman

Persaingan di Liga Spanyol

Video Populer

Foto Populer