Sukses


    3 Laga Sulit Menanti PSM Untuk Wujudkan Target 5 Besar TSC 2016

    Bola.com, Makassar - PSM Makassar saat ini bertengger di peringkat sembilan klasemen Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo dengan poin 39. Juku Eja tertinggal lima poin dari Sriwijaya FC yang bercokol di peringkat lima. Sebelumnya, manajemen PSM menargetkan posisi lima besar klasemen akhir TSC 2016 pada pelatih Robert Rene Alberts.

    Meski penampilan Juku Eja jauh berubah dibandingkan putaran pertama, tak mudah buat Robert mewujudkan target itu. Malah, untuk sekadar bertahan di 10 Besar atau papan tengah, PSM harus berjuang keras.

    Ada tiga laga berat beruntun menanti skuat Robert yakni menjamu Madura United (12/11/2016), tandang ke Bhayangkara United (19/11/2016) dan kemudian melakoni partai kandang melawan Mitra Kukar (27/11/2016).

    Berkaca pada pertandingan sebelumnya, Juku Eja hanya dua kali sukses melakukan revans melawan klub elite yakni saat menekuk Sriwijaya FC 2-1 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, pada 17 Oktober lalu.

    Pada pertemuan pertama di Stadion Jakabaring, PSM kalah 0-1. Begitu pun dengan Semen Padang (1-2 dan 3-2). Selebihnya, PSM tidak berdaya menghadapi Arema (0-1 dan 0-2), Pusamania Borneo FC (0-2 dan 1-4), serta Persib Bandung (2-3 dan 2-2).

    Alibaba, mantan stoper PSM mengungkapkan tiga laga beruntun nanti bisa jadi acuan manajemen untuk  mengukur kapasitas Robert Alberts. "Manajemen PSM sudah memberikan segalanya buat Robert. Jadi wajar kalau Robert wajib memenuhi target lima besar itu, " ujar Alibaba yang membawa PSM juara Liga Indonesia 1999-2000.

    Alibaba tidak melihat faktor pemain absen atau cedera jadi kendala arsitek asal Belanda untuk mewujudkan target itu. "Kedalaman skuat yang dimiliki Robert termasuk bagus. Materi pemain di setiap lini merata. Lagi pula, hampir semua tim elite di TSC 2016 ini juga mengalami kendala sama. Terutama pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia proyeksi Piala AFF 2016," katanya.

    Menilik hasil putaran pertama, Tim Ayam Jantan dari Timur berpeluang meraih tiga poin saat menjamu Mitra Kukar. Pada pertemuan kedua tim di Tenggarong, Juku Eja menahan imbang Mitra 2-2. Sementara itu versus Madura United, PSM harus bekerja keras untuk membalas kekalahan 1-4 pada pertemuan pertama.

    Apalagi, skuat Gomes de Oliveira memiliki catatan tandang yang baik. Begitupun saat bertandang ke Bhayangkara United. Juku Eja wajib tampil sempurna untuk membalas kekalahan 1-2 pada pertemuan pertama di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin.

    Andai PSM Makassar dan Robert Rene Alberts bisa melewati tiga laga beruntun nanti dengan hasil positif, Alibaba mengusulkan manejemen segera mempermanenkan posisi Robert untuk menghadapi liga resmi musim depan.Kalangan suporter pun berharap sama.  Seperti diungkap Andi Coklat, pentolan The Maczman.

    "Kami ingin PSM tampil optimal pada tiga laga nanti. Terutama saat menjamu Madura United," tegas Andi Coklat.

    Video Populer

    Foto Populer