Sukses


Jadi Gelandang Inggris, Rooney Belajar dari Scholes dan Gerrard

Bola.com, Paris - Kapten tim nasional Inggris, Wayne Rooney, mengaku belajar dari Paul Scholes dan Steven Gerrard untuk menjadi gelandang. Posisi gelandang ditempati Rooney pada dua laga awal Inggris di Piala Eropa 2016.

Rooney yang merupakan pencetak gol terbanyak untuk timnas Inggris harus memberikan posisinya sebagai penyerang kepada pemain yang lebih muda, seperti Harry Kane dan Raheem Sterling. Saat ini, pelatih Roy Hodgson memberikan Rooney peran sebagai pengatur serangan.

"Saya selalu berpikir bahwa hal ini akan terjadi. Saya pernah mengatakan bahwa suatu saat akan kembali ke posisi gelandang dan ini ternyata benar-benar terjadi ,'' kata Rooney.

"Saya sudah bermain dengan gelandang terbaik yang pernah dimiliki Inggris, Steven Gerrard and Paul Scholes," tambahnya. "Kemudian, saya menyaksikan mereka bermain dan mengambil apa yang bisa dipelajari dari mereka."

Rooney mengaku sudah terbiasa dengan peran barunya tersebut. Baginya, perannya sebagai gelandang memperluas hal yang bisa dia lakukan, selain mencetak gol.

"Jika bermain sebagai striker, saya bertugas menciptakan gol. Tetapi, ketika bermain jadi gelandang, saya lebih banyak mendukung rekan untuk mencetak gol," ujarnya.

Hodgson mengaku puas dengan kemampuan Rooney di posisi baru itu. Menurutnya, Rooney tidak hanya memiliki kemampuan untuk mencetak gol, namun juga sebagai pengatur serangan sehingga membantu penyerang Inggris lain.

"Kami sangat senang dengan perannya terhadap tim, dengan ketenangannya ketika pemain lain sedikit panik untuk mengejar ketinggalan atau mencetak gol. Umpan silang jauhnya selalu menjadi ciri khas permainan. Dia memiliki kemampuan itu," ujar Hodgson.

Sumber: ESPN

Video Populer

Foto Populer