Sukses


Jalan Berliku Portugal Menuju Final Piala Eropa 2016

Bola.com, Jakarta - Pertandingan final Piala Eropa 2016 mempertemukan timnas Portugal melawan Prancis di Stade de France, Minggu (10/7/2016). Timnas Portugal harus melalui jalan yang terjal untuk mencapai babak final.

Timnas Portugal melangkah ke putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis dengan status sebagai juara Grup I pada babak kualifikasi zona Eropa. Selecao Eropa tergabung di Grup F bersama Hungaria, Islandia, Portugal, dan Austria pada putaran final.

Portugal tampil kurang impresif sepanjang fase grup. Mereka hanya mampu bermain imbang 1-1 saat menghadapi Islandia pada partai perdana Grup (14/6/2016). Selecao Eropa juga hanya mampu memetik hasil imbang tanpa gol saat menghadapi Austria pada laga kedua (22/6/2016).

Pada partai pamungkas Grup, lagi-lagi Portugal juga harus mendapatkan hasil imbang. Bermain melawan Hungaria (22/6/2016), skor akhir pertandingan adalah 3-3. Kapten Cristiano Ronaldo memborong dua gol untuk Portugal pada laga ini.

Tiga hasil imbang ini membuat Portugal hanya mampu menempati posisi ketiga klasemen akhir Grup F dengan raihan tiga poin. Beruntung, Selecao Eropa tetap mendapatkan tiket ke babak 16 besar dengan status sebagai peringkat ketiga terbaik.

"Prioritasnya adalah untuk lolos ke 16 besar dan sekarang kami menghadapi tim yang sangat tangguh, yakni Kroasia. Saya pikir kemungkinan untuk menang adalah 50-50," kata Ronaldo.

"Mereka memiliki pemain yang sangat bagus. Tidak setiap tim berhasil mengalahkan Spanyol, jadi kami menghormati mereka. Tetapi kami tahu kekuatan kami sendiri, kami tahu nilai kami, jadi kami tidak takut dengan mereka," lanjut pemain bernama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro itu.

Selecao Eropa harus melalui babak tambahan untuk mengalahkan Kroasia pada babak 16 besar di Stade Bollaert-Delelis, Lens, (25/6/2016). Portugal menang tipis 1-0 berkat gol Ricardo Quaresma pada menit ke-117.

Portugal juga harus bersusah payah melewat adangan Polandia pada babak perempatfinal di Satade Velodrome, Marseille, (30/6/2016). Cristiano Ronaldo dkk. harus melalui babak adu penalti sebelum akhirnya menang dengan skor 5-3.

Namun, penampilan impresif mampu Portugal tunjukkan saat bersua Wales pada babak semifinal (6/7/2016). Cristiano Ronaldo menciptakan gol untuk Portuga pada menit ke-50. Tambahan satu gol itu membuat pemain asal klub Real Madrid itu berhasil menyamai rekor pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Eropa milik legenda Prancis, Michel Platini. Ronaldo dan Platini sama-sama menciptakan 9 gol.

Ronaldo juga menjadi aktor bagi terciptanya gol Nani tiga menit berselang. Portugal menutup pertandingan dengan kemenangan 2-0 dan berhasil menjejaki babak final Piala Eropa 2016.

"Ini adalah momen bagi kami untuk merayakan keberhasilan ini. Ini adalah momen yang luar biasa. Ini juga momen bersejarah bagi Portugal. Kami hars merayakannya," ujar Nani.

UEFA melansir, Portugal menciptakan delapan gol dari enam pertandingan dengan rata-rata 1,33 gol per pertandingan. Tim besutan Fernando Santos itu menciptakan total 112 percobaan, dengan rincian 36 mengarah ke gawang, 44 kali melebar, 32 ditepis kiper lawan, dan dua kali membentur mistar.

Prestasi terbaik timnas Portugal pada ajang Piala Eropa adalah menjadi runner-up pada tahun 2004. Selecao Eropa tiga kali menjadi semifinalis, yakni pada tahun 1984, 2000, dan 2012.

Video Populer

Foto Populer