Sukses


Aji Santoso Terapkan Aturan Baru di Arema

Bola.com, Malang - Satu aturan baru era kepelatihan Aji Santoso mulai diberlakukan di Arema FC. Aturan itu, yakni membebaskan pemain dari latihan sehari jelang pertandingan. Hal ini jadi kebiasaan Aji saat menjalani partai kandang di tim mana pun dia melatih.

"Sehari jelang pertandingan, pemain hanya meeting. Selain itu rileks agar tidak tegang menjalani pertandingan," kata Aji.

Aturan ini baru bisa diterapkan menjelang pertandingan melawan Persija Jakarta di laga kedua Piala Presiden 2017, Sabtu (11/2/2017). Pasalnya, di pertandingan pertama melawan Bhayangkara FC (5/2/2017), Arema masih tetap latihan pada H-1.

Ketika itu tim pelatih memutuskan untuk mengambil jatah jajal lapangan Stadion Kanjuruhan karena tahun ini Singo Edan jarang berlatih di stadion milik Pemkab Malang tersebut.

Sejak Jumat siang (10/2/2017), Ahmad Alfarizi dkk. sudah menjalani karantina di Ijen Suites Hotel. Mereka hanya bersantai sambil menjaga kondisi. "Kami mengikuti aturan pelatih saja. Tidak masalah meski ini program baru, libur menjelang pertandingan," kata kapten tim Arema, Alfarizi.

Di era pelatih Arema sebelumnya, justru H-1 digunakan untuk pemantapan strategi dan fun game di lapangan. Namun, beberapa pemain yang belum terbiasa libur menjelang pertandingan, mereka masih berlatih sendiri di pusat kebugaran atau hanya sekadar jogging untuk membakar kalori.

"Pelatih ingin pemain fresh, tapi yang belum terbiasa, memang latihan sendiri. Tidak masalah, karena yang paham kebutuhan fisik kan pemain," lanjut Alfarizi.

Di sisi lain, Alfarizi memilih menghabiskan waktunya dengan istirahat di hotel. Namun bisa saja pada pagi hari jelang pertandingan dia latihan sendiri karena Arema bermain malam hari. "Sementara ini saya pilih istirahat. Tapi, kadang juga ingin cari keringat sendiri," imbuhnya.

Efek dari aturan baru tersebut akan dilihat hasilnya pada pertandingan melawan Persija. Jika skuat Arema main bagus dan bertenaga, tentu kebijakan recovery tersebut bisa dibilang berhasil.

 

Video Populer

Foto Populer